Saya rasa setiap orang memiliki playlist, lagu, atau bahkan band kesukaan mereka untuk didengarkan saat merasa sedih dan kecewa dengan dunia. Sejak sekolah, saya punya satu band favorit yang lagu-lagunya pas untuk menggambarkan berbagai momen dan ekspresi saya: Peterpan, yang sekarang sudah berubah nama menjadi Noah. Apa pun namanya, saya menyukai lagu-lagunya. Ariel dan teman-temannya tidak pernah gagal menyampaikan makna dan emosi dari setiap lagu mereka.

Sebulan ini, Peterpan aka Noah menjadi playlist wajib harian saya selain Twenty One Pilot, Simon and Garfunkel, The Script, Coldplay, dan Kodaline. Dari banyak sekali lagu Peterpan yang saya sukai, saya merangkum sepuluh teratas yang menjadi favorit saya karena masing-masing lagu ini memiliki cerita dan momennya sendiri dalam hidup saya. Setiap lagu mewakili emosi saya yang tidak tersampaikan. 

--- [] ---

1. Melawan Dunia


Lagu yang seharian ini saya putar kencang-kencang di telinga pakai headset full bass. Lagu ini pas untuk keadaan saya yang sedang melewati tahap "bodoamat" di dalam hidup. Sekali lagi, saya dilempar pada loop yang sama. Saya melakukan maupun tidak melakukan kesalahan, tetap saja saya yang tidak enakan dan meminta maaf. Lewat lagu ini, saya menyampaikan pada diri saya sendiri kalau saya tidak akan memikirkan omongan orang lain lagi. This is my life. I made mistakes and I apologized. Either me and you accept it ot not, please move on. I was not born to please everyone. IDGAF anymore. Cut it off.

2. Walau Habis Terang


Lagu ini selalu membantu saya melewati hari-hari gelap dan muram sejak saya SMA. Di bagian liriknya yang "Ku terbiasa tersenyum tenang walau hatiku menangis" selalu berhasil menggambarkan keadaan saya kalau sedang berantakan. Mungkin hal ini juga terjadi pada kalian. Kalian selalu menjadi tumpuan curhatan banyak orang, sok bijak mendengarkan dan menjawab jika ditanyai tentang solusi. Tapi untuk masalah sendiri, kalian tidak bisa mengungkapkan. Semua kalian simpan dan meledak di saat yang tidak tepat. Saya juga demikian. Jika berada dalam masa-masa big bang, lagu ini akan saya putar dengan kencang.

3. Menunggumu (ft. Chrisye)


Saya penggemar Chrisye sejak kecil. Ibu punya kaset pitanya (dan CD bajakan lima ribuan) yang kadang diputar di rumah saat pagi tiba. Lagu ini terasa penuh unsur magis karena suara Chrisye yang teduh dan Ariel yang kharismatik bersatu. Saya paling suka lirik di bagian reff-nya yang "Bila rindu ini masih milikmu, kuhadirkan semua hanya untukmu." Terasa puitis dan tulus sekali disampaikan pada orang yang dituju. Menunggumu akan selalu masuk dalam daftar lagu-lagu paling romantis berbahasa Indonesia versi saya.

4. Membebaniku


Lagu ini mengungkapkan rasa penat dan jenuh pada hidup seseorang. Nyawa Peterpan (bahkan Noah) terlihat pada lagu ini. Khas Ariel cs banget karena lagu dengan lirik depresif begini bisa menggantikan ekspresi kecewa pada diri sendiri dan orang lain. Feel saat mendengarkan lagu ini campur aduk antara lelah dan mencoba bangkit kembali; yang mana terjadi pada saya saat ini. Tidak ada orang yang mendoakan baik dan melindungi, apalagi menjadi pendengar. Semua mencaci dan menyalahkan, lalu pergi. Tidak apa-apa. Enyahnya semua orang yang tidak memahami saya tidak akan mengubah apa-apa. Saya tidak akan menahan apalagi melawan mereka. Jangan ada lagi orang opresif di hidup saya.

5. Kota Mati


"Udara kini berubah di kota mati, seperti kisah masa lalu, kini membisu". Lirik di dalam lagu Kota Mati memang sedikit berlebihan dan terlampau puitis sampai-sampai saya tidak memahami artinya (bahkan sampai sekarang). Yang saya tahu, lagu ini selalu membuat saya merinding saat mendengarkannya, walau hanya lewat intro. Lagu ini menggambarkan keadaan seseorang yang berdiri di tengah kota sepi tanpa penduduk dan merasa sendirian karena semua mimpinya ada di sana. Namun, sebenarnya kota tersebut ramai lalu lalang orang dan perasaannya sendirilah yang membuatnya merasa kesepian di dalam keramaian. Lagu ini dulu selalu saya putar saat naik bis antar provinsi dan melewati Kabupaten Ngawi. Tapi kini, saya suka memutarnya sambil melihat-lihat foto Yogyakarta dan Makassar. 

6. Tak Ada yang Abadi


Ariel sendiri mengatakan bahwa ia selalu stres saat menyanyikan lagu ini. Saya juga mengakui kalau lagu Peterpan dan Noah ini adalah lagu yang paling mistis dari semua lagu-lagu ciptaan mereka. Unsur relijinya ada, unsur putus asa-nya ada, dan unsur-unsur ngeri lainnya bercampur jadi satu. Di versi lama video klipnya, semua orang dibunuh oleh perempuan dan di bumi tidak tersisa satu orang pun yang hidup; seperti menggambarkan kalau semua orang akan mati dengan caranya sendiri-sendiri. Di versi yang baru, ada tambahan nada biola dan echo sound yang makin membuat lagu ini ngeri untuk didengarkan. Tak Ada yang Abadi seperti dua sisi mata pisau. Orang yang mendengarkan lagu ini (dan sedang dalam kondisi terpuruk atau penuh masalah) bisa mengalami dua opsi keadaan: makin desperate dan ingin bunuh diri atau mendapatkan efek healing dan lega karena dikuatkan. 

7. Sajadah Panjang (re. Bimbo)


Sajadah Panjang karya Bimbo adalah lagu langganan yang saya putar setiap ramadan dan setiap merasa letih terhadap urusan dunia. Saya bukan orang suci yang relijius sekali. Namun, saya tetap butuh lagu-lagu rohani seperti ini untuk didengarkan kalau sedang down. Sajadah Panjang yang di-remake oleh Noah menjadi salah satu lagu wajib di playlist saya. Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami kejadian tidak menyenangkan terkait dengan materi. Saya marah, kecewa, dan sempat menangis berkepanjangan karena uang yang saya kumpulkan lama dari bekerja raib diambil orang. Dan lagu ini mampu menyelamatkan saya di saat semua orang membodoh-bodohkan saya karena lalai menjaga barang dan harta milik sendiri. Lagu ini juga menyelamatkan saya dari momen depresi "mengutuki diri sendiri" karena sempat dicap sok reliji dan sok membawa nama Tuhan padahal niatnya bohong dan menyakiti. 

8. Semua tentang Kita


Film Radit dan Jani membuat saya sangat menyukai lagu ini. Katanya, lagu ini adalah lagu-lagu galau anak emo yang baru putus. Namun, menurut saya, lagu ini lebih dari itu. Lagu ini fenomenal di masanya (yang pada saat itu merupakan masa-masa emo), tapi juga tidak lekang oleh waktu jika didengarkan sebagai lagu perpisahan (dengan siapa pun dan apa pun). Lagu ini menyelamatkan banyak jiwa-jiwa yang rindu karena mengalami perpisahan dengan sesuatu atau seseorang yang penting. Begitu pula lagu ini menyelamatkan saya.

9. Mimpi yang Sempurna


Mimpi yang Sempurna adalah lagu Peterpan pertama yang saya dengar dan membuat saya jatuh cinta pada karya-karya mereka. Salah satu frase di liriknya yaitu "bahasa kesunyian" menjadi salah satu frase favorit saya sepanjang masa. Kalau sekarang anak senja dan indie suka bermain kosakata klasik dari band-band indie, berarti mereka kurang mengapresiasi karya-karya Peterpan pada masanya. Lirik dalam lagu-lagu Peterpan di album pertama dan kedua penuh dengan kata-kata puitis semacam itu. Dan bagi saya, lirik di lagu-lagu Peterpan jauh lebih bermakna daripada lirik lagu band-band indie di masa sekarang.

10. Sally Sendiri


Dalam hidup, akan ada saatnya kita bertemu dengan seseorang yang membuat kita berhenti mencari dan diam melalui hari. Entah bagaimana alam mengatur semuanya, tapi kita akan berada di satu titik perhentian. Entah kita menemukannya di persimpangan atau di akhir jalan, juga pada koma, titik, atau tanda tanya; yang jelas, kita berhenti. Dunia bisa melawan atau mendukung langkah kita menuju orang atau hal tersebut: hal yang setiap pagi muncul pertama kali di dalam pikiran saat bangun tidur. Saya menemukannya di penghujung 2017. Lalu, masalah datang bertubi-tubi. Namun, tidak seperti sebelumnya--di mana saya menyerah dan meninggalkan semuanya, saya memperjuangkannya. Saya juga tidak tahu mengapa saya berjuang saat semua orang menentang. Jangan ditanya mengapa dia, mengapa harus seperti itu, dan mengapa jalannya begini. Saya tidak tahu. Dan kalau saya harus menjadi seperti Sally yang selalu sendiri karena dalam hatinya hanya ada satu orang, meskipun mereka tidak bisa bersama dan Sally menangis berkepanjangan sampai mati, saya tidak akan menyesalinya. Saya bersyukur sekali bisa mengenal, bertemu, dan memiliki rasa sayang kepadanya. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dia berhasil mengubah hidup saya dan membuat saya berhenti. Dia berbeda dan dia tidak akan pernah mati.

--- [] ---

Biar Sally mencariku
Biarkan dia terbang jauh
Dalam hatinya hanya satu
Jauh hatinya hanya 'ku

Katakan 'ku takkan datang
Pastikan 'ku takkan kembali
Lalu biarkan dia menangis
Lalu biarkan dia pergi

Sally, kau selalu sendiri
Sampai kapan pun sendiri
Hingga kau lelah menanti
Hingga kau lelah menangis

Sally, kau selalu sendiri
Sampai kapan pun sendiri
Hingga kau lelah menanti
Hingga kau lelah menangis

Biar Sally mencariku
Biarkan dia terbang jauh
Dalam hatinya hanya satu
Jauh hatinya hanya 'ku

Katakan 'ku takkan datang
Pastikan 'ku takkan kembali
Lalu biarkan dia menangis
Lalu biarkan dia pergi

Sally, kau selalu sendiri
Sampai kapan pun sendiri
Hingga kau lelah menanti
Hingga kau lelah menangis

2 Comments

  1. Taman Langit.. Satu Hati.. Yang Terdalam.. Tertinggalkan Waktu.. Kita Tertawa.. Dan Hilang.. Menunggu Pagi.. Jauh Mimpiku..

    Rasanya tua banget saya.. Hee

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.