We Bare Bears adalah serial kartun menggemaskan dan bikin saya pengin memelihara beruang di kosan. Udah setahunan ini ngikutin serialnya dari sebelum ia tayang di teve dan masih berbahasa Inggris di Youtube. Sekarang tiap hari WBB nongol di NET TV setiap jam 6 sampai jam 7 pagi. Tokohnya ada Grizzly, Panda, dan Ice Bear.

Yang membuat saya suka dari serial ini adalah mereka gembil. Kayak fluffy gitu. Dan komedinya lucu banget khas komedi anak-anak. Dan saya malah lebih suka dubbing-annya di teve daripada aslinya. Suaranya lebih lucu. Sama kayak nonton Avatar: The Legend of Ang dan Spongebob Squarepants, saya juga lebih suka nonton yang di teve daripada aslinya.

Salah satu episode WBB yang saya suka adalah saat mereka main ke perpustakaan dan menemukan buku-buku tentang beruang. Ice Bear menemukan buku tentang ice bear. Panda menemukan buku tentang panda. Dan Grizzy menemukan komik tentang beruang Grizzly. Mereka akhirnya duduk di perpustakaan dan membaca buku masing-masing.

Mereka seperti lupa dengan dunianya sendiri.

Jadi memang benar. Membaca akan membuat kita menemukan dunia kita sendiri. Dan tempat-tempat membeli serta membaca buku di Solo yang akan saya ulas bisa menjadi salah satu destinasi tujuan kamu jika ingin merasakan sensasi di duniamu sendiri.

Okay, check this out!

--- [] ---

Ada 10 rekomendasi tempat beli buku di Solo. Selain toko buku franchise seperti yang ada di kota-kota besar, di sini juga ada toko buku yang berupa pasar dan sentra. Masing-masing punya keunikan  yang berbeda satu sama lain. Kamu bisa menyeseuaikan buku yang kamu ingin beli dan suasana yang kamu inginkan. Yuk, kita mulai dari yang pertama!

1. Gramedia Slamet Riyadi


Alamat: Jl. Brigjen Slamet Riyadi No.284, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Alat tulis high-end, buku gambar, buku mewarnai, koran, tabloid, majalah, dan buku-buku apaaa ajaaa bisa ditemukan di sini. Lantai basement untuk parkir, musala, dan kamar kecil. Sementara lantai satu isinya tas, ATK, alat musik, alat olahraga, dan alat masak. Sementara di lantai atas semua jenis buku dan bacaan ada. Pro tip kalau ke sini, siap-siap bawa hp untuk foto-foto karena etnik banget tempatnya. Dekorasi Jawa lengkap dengan aksaranya menghiasi dinding dan pintunya.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Beli buku, jelas nomor satu. Kamu bisa mencari buku yang kamu mau di mesin pencarian. Pembayarannya juga beragam, bisa tunai maupun uang elektronik seperti OVO dan GOPAY. Pro tip lagi, kalau membayar pakai uang elektronik, kamu bisa dapat cashback sampai 60%. Lumayan banget buat beli buku lebih banyak!

2. Gramedia Solo Square Mall


Alamat: Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.451-455, Pajang, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Terletak di dalam mall Solo Square lantai tiga. Dekat dengan eskalator ke arah XXI. Meskipun letaknya di mall, jangan salah, Gramedia ini besaaar dan luaaas. Koleksi bukunya sebanding lah dengan yang ada di Gramedia pusat. Di Gramedia ini juga sering ada diskon untuk event tertentu. Jangan sampai ketinggalan ya!

Yang bisa kamu lakukan di sini: Beli buku dan menikmati cuci mata di sekitar mall. Salah satu yang enak di sini adalah depannya ada outlet Dum Dum Thai tea. Jadi habis belanja buku, kamu bisa beli thai tea dan menikmatinya sambil membaca buku.

3. Togamas Slamet Riyadi


Alamat: Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.428, Purwosari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Buku-buku murah dengan diskon 10 sampai 15 persen di setiap itemnya. Gokil kan? Jadi saya pribadi, kalau nyari suasane enak untuk ngendus-ngendus buku, saya ke Gramedia. Tapi kalau beneran mau beli buku, saya ke Togamas. Karena buku-bukunya semua didiskon tanpa ampun. Meskipun tempatnya panas. Hehe.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Beli buku berdiskon, belanja ATK, nyari peta, majalah, maupun komik. Semua bisa. Pro tip, kalau ke sini jangan pas liburan sekolah atau awal semester. Rame dan antreannya bisa bikin pingsan karena itu adalah waktu-waktu anak sekolah balik menuntut ilmu. Btw, beli novel di sini free sampul, loh!

4. Togamas Solo Paragon Mall


Alamat: Jl. Yosodipuro No.133, Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Kalau Togamas yang tadi ada di Jalan Slamet Riyadi, Togamas yang ini ada di dalam mall elite Solo Paragon. Buku-bukunya masih diskonan semua dan yang jelas, karena di mall, tempatnya adem. Tapi kecil banget dan sempit. Buku yang ada di sini biasanya stoknya dikit. Per judul hanya ada satu atau dua eksemplar.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Beli buku dengan diskon lumayan, ngadem, cuci mata sekalian melipir ke XXI atau makan karena letaknya ada di lantai tiga. Dekat dengan Mi Store. Kalau lagi nge-mall ke Paragon dan pengen beli buku, Togamas Solo Paragon bisa menjadi alternatif untuk membeli buku murah sambil jalan-jalan. 

5. Susano Book Store


Alamat: Jl. Surya Utama, Pasar Panggungrejo Gd.A No.54-55, Jebres, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Buku-buku keluaran berbagai macam penerbit baik itu mayor maupun indie ada di sini. Bertempat di belakang kampus UNS, kamu jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Susano Bookstore. Toko buku ini didirikan oleh mahasiswa UNS bernama Susan karena ia mencintai buku. Meskipun bukan toko buku franchise yang besar, tapi Susano Bookstore menyediakan diskon sampai 15% untuk setiap itemnya.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Membeli buku dengan diskon menggiurkan. Selain membeli buku, kamu bisa numpang membaca di sini karena Susano Bookstore dilengkapi dengan kursi dan meja cozy yang bisa kamu gunakan untuk nyantai-nyantai.

6. Pasar Buku Bekas Alun-alun Utara


Alamat: Jl. Alun Alun Utara, Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Letaknya adalah di bawah pohon beringi alun-alun utara keraton Surakarta. Dari tugu tembak, kamu bisa lurus dan ngikutin jalur supit udang. Nanti kamu akan nemu beringin besar yang di bawahnya ada tulisan "Pasar Buku Alun-alun Lor Solo". Selain buku kuliah dan pelajaran, ada juga novel-novel dan majalah bekas maupun baru. Tapi hati-hati, kalau mau buku ori, mending beli yang bekas aja ya.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Membeli buku dan mencoba kemampuan tawar menawar dengan yang menjualnya. Kamu harus pintar-pintar nawar di sini karena kalau enggak, takutnya harganya dinaikin dulu. Yah, namanua juga pasar buku ya. Harganya tergantung keinginan penjual. Kamu juga bisa minta disampul saat membeli buku di sini.

7. Sentra Buku Belakang Sriwedari


Alamat: Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini:  Sepanjang hampir satu kilometer, kios-kios buku berjajar di Jalan Sriwedari ini. Kamu bisa menemukan buku dari genre apa pun, jenis apa pun, dan harga berapa pun. Ada buku-buku sekolah dan kuliah. Ada juga komik dan novel dalam kondisi baru maupun lama. Di sini juga harus bisa menawar ya soalnya harga antara kios satu dan kios yang lain agak sedikit berbeda. Oh iya, di sini hanya bisa bayar pakai cash ya.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Kalau ke sini, kamu lebih baik tahu apa buku yang mau kamu beli atau cari. Biar nggak bingung bilangnya, biasanya orang yang belanja ke sini akan membawa kertas yang udah ditulisin judul buku dan pengarangnya (kalau bisa penerbitnya juga) lalu kamu tinggal menyodorkan kertas itu ke penjualnya. Mereka akan mencarikan buku yang kamu mau di kios mereka. Kalau nggak ada, biasanya kamu akan diminta menunggu dan mereka mencari di kios lain. Tenang aja, kamu boleh menerima atau menolaknya.

8. UNS Book Store


Alamat: Jl. Semarang, Universitas Sebelas Maret, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Buku-buku kuliah lengkap dari berbagai macam bidang dan keahlian. Di sini kamu bisa membeli buku dengan harga yang lebih murah daripada harga di toko buku komersial lain; khusus untuk buku-buku kuliahan ya. 

Yang bisa kamu lakukan di sini: Selain membeli buku kuliahan, kamu bisa menemukan banyak atribut kampus seperti stiker, gantungan kunci, dan gantungan hp yang dijual di sini. Semua dijual dengan harga mahasiswa. Tapi jangan cemas, kualitasnya dewa! 

--- [] ---

Habis beli buku, mungkin kamu akan butuh tempat untuk membaca. Membaca di kosan atau rumah terkadang membuat bosan sehingga kamu butuh suasana baru. Jangan khawatir! Selain tempat-tempat untuk berburu buku, saya juga akan memberikan rekomendasi tempat-tempat untuk membaca buku di Solo. Beberapa dilengkapi dengan kafe dan tempat penjual makanan sehingga kamu nggak perlu cemas kelaparan saat menikmati buku bacaanmu. 

1. Taman Cerdas


Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara RT 02/RW 25, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Taman cerdas memiliki ratusan koleksi buku, terutama buku anak-anak. Konsepnya memang ruang belajar dan bermain anak sehingga kamu akan menemukan banyak permainan tradisional di sini seperti: congklak dan lego. Selain itu, kamu juga bisa jajan nih kalau laper. Di depan Taman Cerdas ada kang cilok enak!

Yang bisa kamu lakukan di sini: Selain membaca, kamu bisa mengenang masa kanak-kanak sepuas-puasnya. Main permainan tradisional, main perosotan, main jungkat-jungkit, dan mengisi TTS. Kalau mau ke sini, kamu nggak perlu bayar mahal kok. Cukup bayar parkir seribu dan bisa baca buku serta internetan gratis. Bebas!

2. Cafe Librairie


Alamat: Jl. Lumban Tobing No.2, Setabelan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Buku-buku terbitan dalam dan luar negeri. Ada novel, ada komik, dan ada buku-buku kuliah karena yang bikin kafe ini adalah salah satu dosen UNS. Mantap kan?Koleksinya cakep-cakep banget dah, sumpah! Kafenya juga menyediakan berbagai menu mulai dari menu ringan seperti snack dan minuman. Ada juga makanan berat seperti spagheti dan nasi goreng. Sekalipun cozy, harganya terjangkau kok! 

Yang bisa kamu lakukan di sini: Reading with style sepertinya cocok menjadi simbol di kafe ini. Kamu bisa membaca buku yang kamu bawa sendiri atau membaca buku yang disediakan di sini. Membaca buku sambil ngemil atau ngopi menjadi andalan di kafe ini. Tapi hati-hati, jangan sampai melipat atau mengotori bukunya ya!

3. Perpustakaan Kota Surakarta


Alamat: Jl. Hasanudin No.112, Punggawan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Arpusda adalah tempat nyaman pertama yang saya temukan di Kota Solo untuk membaca buku. Selain ruangannya nyaman dan luas, kamu bisa menemukan koleksi buku dari jaman nggak enak sampai enak baik itu buku dalam negeri maupun buku luar negeri. Salah satu favorit saya adalah pojok novel yang ada di lantai dua.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Banyaaak! Kamu bisa membaca buku, jelas. Bisa pinjam buku, tentu saja. Btw, kalau mau pinjam buku, kamu harus bikin kartu member dulu. Tenang aja, biaya administrasinya gratis. Tapi jangan sampai telat balikin buku. Dendanya berkisar antara 1000 sampai 7000 rupiah. Kan sayang, mending buat beli nasi padang.

4. Perpustakaan Monumen Pers


Alamat: Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Sejarah pers memang berasal dari Solo, makanya ada Monumen Pers yang dibuat untuk mengenang perjuangan tersebut. Tapi... selain untuk menghormati jasa para pahlawan warta, kamu bisa membaca di sini karena tempatnya enaaak bangeeet. Meskipun di pusat kota, tempatnya adem. Di dalamnya ada beberapa peninggalan sejarah dan buku-buku sejarah pers di Indonesia. Ada juga koran lama sampai koran baru yang bisa kamu baca. Dari yang tulisannya masih ejaan lama, sampai sekarang menjadi EBI.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Kamu bisa jajan donat di Abata lalu membawanya ke sini sambil baca buku. Kalau mau yang lebih tradisional, kamu bisa beli bakso bakar pedes dan es teh keliling saat membaca di dalam maupun luarnya. Ajib!

5. Perpustakaan Ganesa


Alamat: Jl. Raya Songgo Langit No.30, Songgolangit, Gentan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Perpustakaan Ganesa di Gentan ini didirikan oleh suami istri dari Ohio, Amerika bernama Debra Lunn dan Michael Mrowka. Menyadari bahwa anak-anak dari orangtua yang bekerja di pabrik batik memiliki minat baca rendah; karena harga buku mahal. Di sini ada bantal, meja, dan kursi nyaman yang bisa kamu gunakan untuk membaca. Buku-bukunya ada yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing. Tempatnya nyaman, tenang, dan bernuansa rumahan banget. Bikin betah deh kalau main ke sini!

Yang bisa kamu lakukan di sini: Di sini kamu bisa membaca dan berkreasi apa pun misalnya melukis, berhasta karya, maupun diskusi. Selain ruang membaca, tempat ini juga cocok menjadi coworking space dan tempat pelatihan anak-anak di segala bidang.

6. Perpustakaan Sriwedari


Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Buku-buku dari arsip jaman dulu sampai sekarang ada. Beberapa koleksi di sini bahkan nggak ditemukan di Arpusda. Yang unik, di sini kamu bisa menemukan kliping artikel bidang apa pun selama bertahun-tahun. 

Yang bisa kamu lakukan di sini: Membaca dan cuci mata melihat pemandangan sekitar karena letaknya bersisian dengan sentra buku belakang Sriwedari dan gedung pertunjukan Sriwedari. Semua sisi di gedung ini vintage dan cozy sehingga cocok untuk menikmati buku sambil mendengarkan lagu klasik atau lagu nostalgia yang kadang diputar di sini.

7. UPT Perpustakaan UNS


Alamat: Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Ada tujuh lantai. Lantai pertama isinya buku-buku pendidikan dan lantai kedua berisi arsip skripsi, tesis, dan disertasi serta buku-buku sosiologi. Lantai tiga berisi koleksi bahasa daerah, Indonesia, Jepang, Jerman, dan Belanda (di sini ada artefaknya!). Lantai empat berisi buku-buku MIPA dan teknik. Lantai lima berisi buku-buku kedokteran dan psikologi. Sementara lantai enam berisi buku-buku pertanian dan kelautan. Lantai tujuh selain isinya gedung rapat dan pertemuan, juga ada musemnya.

Yang bisa kamu lakukan di sini: Membaca dengan pemandangan kampus UNS yang hijau, tentu saja. Setiap lantai memiliki pemandangannya sendiri-sendiri. Favorit saya adalah lantai tiga karena sepi (wkwk!) padahal buku-buku MIPA adanya di lantai empat. Kamu juga bisa internetan gratis di sini dengan kecepatan yang nggak main-main.

8. Rumah Baca Teratai Sangkrah


Alamat: RT 04/RW 03, Kecamatan Sangkrah, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Yang bisa kamu temukan di sini: Rumah Baca Sangkrah Teratai didirikan oleh Danny Setyawan. Dulu inisiatif mendirikan rumah baca ini adalah karena Mas Danny ingin ada sebauh rumah untuk anak-anak telantar dan jalanan yang putus sekolah di daerah Sangkrah. Sekarang tempatnya berisi banyak ratusan buku dari Mas Danny sendiri maupun donasi. Ada ruang bermain dan belajar juga yang konsepnya unik banget. 

Yang bisa kamu lakukan di sini: Kamu bisa menjadi relawan di sini untuk mengajar berkala maupun datang kadang-kadang untuk ikut pelatihan anak-anak. Namun, numpang membaca di sini juga boleh banget kok. Suasananya enak dan nyaman. Dijamin betah karena membaca di sini bisa ditemani celoteh anak-anak yang ingin tahu ini dan itu.

--- [] ---

Itulah beberapa tempat untuk ena-ena bagi pencinta buku. Semua memiliki atmosfernya masing-masing sehingga kamu bisa memilih. Karena Solo kota yang kecil, kamu nggak perlu takut kalau semua lokasi yang udah disebutkan jauh dari pusat kota. Semuanya terjangkau. Banyak akses kendaraan untuk menuju tempat-tempat tersebut.

Jadi, udah memutuskan mau main ke mana dulu?





Images are taken from:
http://kisahklasikduniaku.blogspot.com/2015/12/yang-penting-enggak-penting-2015.html
http://promosimbiosa.blogspot.com/2012/06/alamat-toko-buku-gramedia.html
http://wikimapia.org/11126646/Togamas
http://solo.tribunnews.com/2016/08/27/seri-buku-the-naked-traveler-selalu-laris-di-toko-buku-ini
https://www.lpmvisi.com/2017/11/berburu-bacaan-di-susano-book.html
http://soloevent.id/jendela-dunia-itu-ada-di-taman-buku-dan-majalah-alun-alun-utara-surakarta/
http://solo.tribunnews.com/2017/10/24/kios-buku-belakang-sriwedari-busri-solo-sediakan-beragam-buku-baru-dan-bekas
http://www.lpmvisi.com/2014/04/uns-bookstore-permudah-akses-beli-buku_26.html
https://pegimakan.id/menikmati-menu-di-cafe-librairie-solo-sambil-membaca-buku/
https://phinemo.com/9-surga-pecinta-buku-di-kota-solo/
http://solo.tribunnews.com/2018/10/02/arpusda-optimalisasi-silang-layan-untuk-segarkan-referensi-bacaan-warga-solo
https://soloraya.solopos.com/read/20170606/489/822759/perpustakaan-taman-cerdas-solo-terancam-digusur-handphone
https://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Pers_Nasional
https://phinemo.com/9-surga-pecinta-buku-di-kota-solo/
http://solo.tribunnews.com/2016/12/27/semua-perpustakaan-fakultas-uns-solo-bakal-terintegrasi-jadi-satu-per-januari-2017-nanti
http://mewalik-jaya.blogspot.com/2017/11/rumah-baca-teratai-sangkrah-solo.html

4 Comments

  1. Kadang saya pikir, perpustakaan di daerah kok malah lebih banyak dari yang ada di Jakarta. Saya cuma tahu perpus di TIM sama Perpusnas. Atau saya yang kurang menjelajah, ya? Atau karena di Jakarta udah kebanyakan toko bukunya--beberapa orang pun milih baca yang sampulnya udah kebuka? Perpus seakan-akan jadi kurang penting? Hmm.

    Dari daftar itu, saya cuma tahu Susan. Itu juga karena akunnya saya ikuti di IG. Waktu ke Solo saya enggak kepikiran buat cari buku. Ke mal juga kagak. Tempat makanan-makanan murah doang yang dituju. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Solo emang surganya kuliner, Yogs. Buku mah nanti-nanti aja. Toh Gramedia ada di mana-mana. Hehe. Tapi lain hari kalau ke Solo, sempatkan ke Ganesa dan Sangkrah deh. Koleksinya top.

      Delete
  2. Paling sering ke Gramedia SR sama Togamas SR.

    Ke Gramed, ya, persis kaya yang kamu lakuin itu, May. Cuma lihat-lihat, baca-baca, sama nyium bau kertas buku baru. Tapi kalau niat mau beli, saya juga mending ke Togamas, sih. Selisih harganya lumayan. Bisa buat beli batagor di Gang Surya XD. Etapi Togamas Slamet Riyadi udah pindah lagi itu. Beberapa hari lalu sempet mau kesana, malah tutup.

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.