Judul: Chicken Soup for the College Soul
Penulis: Jack Canfield dkk
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2000
Bahasa: Bahasa Indonesia
Jumlah Halaman: 350 halaman

Buku ini secara garis besar merupakan kumpulan cerita penyembuhan untuk anak kuliahan. Seperti judulnya, novel ini terdiri dari kisah-kisah yang ada saat melewati hari-hari di bangku kuliah. Jak Canfield lagi-lagi membawa pembacanya untuk merenungi masa bingung karena tugas dan cerita cinta ala anak kampus. Di dalamnya terdapat lima puluh lebih cerita pendek yang dikirimkan oleh orang-orang dengan genre berbeda-beda. Ada yang menceritakan kisah cintanya, ada yang menceritakan tumpukan-tumpukan tugas dan ujiannya, juga ada yang menceritakan betapa masa orientasi dan adaptasi itu menyebalkan.

Chicken Soup for the College Soul, jika yang membaca adalah lulusan kuliahan, tentu merasa seperti nostalgia masa susah. Hidup di asrama dengan makanan ditata atau hidup pas-pasan di kos-kosan membuat kita ketawa ketiwi saat mengingatnya. Selain itu, Jack Canfield juga tak lupa untuk menyisipkan kutipan hangat di setiap akhir cerita yang dituliskan oleh teman-teman surel dan sahabat penanya.

--- [] ---


Judul: Chicken Soup for the Teenage Soul
Penulis: Jack Canfield dkk
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 1999
Bahasa: Bahasa Indonesia
Jumlah Halaman: 353 halaman

Seperti judulnya, buku ini terdiri dari beberapa cerita pendek tentang kehidupan masa remaja. Chicken Soup for the Teenage Soul membuat pembacanya senyum-senyum malu, senyum-senyum sipu, sampai tertawa terbahak-bahak. Jika dibaca baik-baik, tentu akan membuat kita teringat betapa naifnya kita saat masih remaja. Berantem karena rebutan makanan, marahan karena nilai ujian kalah dari teman dekat, atau contek-contekan yang menegangkan. Buku ini juga berisi tentang bagaimana persahabatan antar remaja itu rumit. Jika tadinya saat kanak-kanak hanya dengan menangis dan jabat tangan semua masalah bisa hilang, tidak begitu dengan masa remaja. Masa transisi ini lebih susah karena kita tanpa sadar mulai memasukkan unsur perasaan dalam setiap pertemanan.


Buku-buku Chicken Soup series memang memiliki nuansa heartwarming. Ceritanya biasanya nggak muluk-muluk sarat emosi. Jika ada masalah atau konflik klimaks, biasanya juga nggak terlalu berlebihan. Ini pas sebagai bacaan santai saat menunggu hujan reda atau menikmati sore hari. Jack Canfield selalu bisa meramu surat-surat pembacanya menjadi kisah yang manis untuk diikuti tanpa memaksa makna.

Apapun jurusanmu, jalanilah, jadi apapun setelah itu tidak masalah.

0 Comments