Film tentang Time Loop yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

10 Film Bertema Time Loop.

Akhir-akhir ini, saya jarang banget nonton film. Ya film downlodan, film bajakan, maupun film bioskopan. Mau bikin alasan “I am busy enjoying my life, darling” juga nggak tepat karena emang saya nggak lagi enjoy dengan kehidupan. Huhu. Kalau senggang, biasanya saya lebih banyak menikmati ebook dan buku-buku dari iPusnas. Baca manga di Mangazone. Dan sekawan, dan sekawannya karena saya sedang jarang ke toko buku juga.

Beberapa hari yang lalu, seorang teman datang dan menanyakan rekomendasi film apa aja yang seru. Mesum dikit nggak papa. Tapi jangan komedi mentah dan cinta-cintaan palsu.

Karena saya lama nggak update film-film baru, maka saya memutuskan untuk memberikan film-film lama dari harddisk saya yang temanya sama. Film tentang pengulangan hari (day repeating) yang biasa juga disebut dengan film bertema time loop.

1. Groundhog Day (1993)
Groundhog Day.

Groundhog Day merupakan film tentang time loop pertama yang pernah saya tonton. Kalau nggak salah sih nontonnya dulu di televisi. Komedi dan alur ceritanya vintage karena memang berlatar pada tahun 90-an. Groundhog Day menceritakan tentang seorang reporter yang harus mengulang hari di mana ia melaporkan event Groundhog Day. Phil Connors sebagai tokoh utama di film ini, harus menjalani hari yang sama sampai ia menemukan jawaban mengapa ia mengalami semua itu. 

2. Run Lola Run (1998)
Run Lola Run.

Lola harus berlari untuk menyelesaikan masalah, bukan lari dari masalah. Ini adalah premis paling sederhana yang perlu kita pahami sebelum menonton film Run Lola Run. Dengan permasalahan finansial sebagai landasan, film ini mampu membuat penontonnya menahan napas dan lapar karena penasaran apa yang bisa dilakukan Lola untuk mengumpulkan uang selama 20 menit secara berulang.

3. Primer (2004)
Primer.

Film yang ngeselin bagi sebagian orang ini pernah saya ulas sendiri di momen #30HariMenulisReview dulu di bulan Januari. Primer mampu membuat otak penontonnya bernanah dan banjir pertanyaan karena memang complicated sekali. Time loop yang diusung di film ini berhubungan dengan penciptaan alat time travel sederhana oleh dua ilmuwan bernama Aaron dan Abe.

4. Repeaters (2010)
Repeaters.

Menceritakan tentang tiga sekawan yang kelakuannya sama sekali tidak berhak mendapatkan SKCK dari kepolisian. Bandel dan pecandu narkoba. Berbagai hal yang terjadi di hidup mereka akhirnya dijungkirbalikkan setelah kejadian aneh yang dialami ketiganya. Mereka terbangun berkali-kali di hari yang sama. Bukannya memperbaiki diri seperti premis di film-film time loop kebanyakan, Repeaters malah menunjukkan bahwa dengan adanya time loop, kita bisa bertindak sesukanya karena menganggap semua akan berakhir saat pukul 00:00 tiba.

5. Source Code (2011)
Source Code.

Colter Stevens harus terbangun di hari yang sama dan mengalami peristiwa pengeboman kereta berkali-kali. Misinya sama. Mencari pelaku pemboman tersebut sampai ketemu. Jika tidak, ia harus terus hidup di hari yang sama dan mengalami ketegangan yang sama. Jake Gylenhall di sini keren banget. Pas memerankan sosok Stevens. Nggak kurang dan nggak lebih. Twistnya dapat. Problem dalam filmnya dapat. Kalau kalian pertama kali menonton film genre time loop, saya sarankan untuk menonton Source Code sebagai pembukaan.

6. Looper (2012)
Looper.

Diberi tugas untuk membunuh orang dengan bayaran tinggi di masa depan? Tidak mendapatkan risiko dipidana karena sudah membunuh penjahat secara sengaja? Hanya di Looper jawabannya. Joe adalah pembunuh bayaran yang bekerja untuk Looper dan membasmi para penjahat di masa depan. Alurnya menegangkan dan penuh intrik, namun tidak semenegangkan sinetron azab seorang pria yang terkena semen cor-coran. Wajib ditonton banget!

7. Haunter (2013)
Haunter.

Film dengan tema time loop ini memiliki genre horror, bukan thriller seperti beberapa film yang sudah saya sebutkan di atas. Menceritakan tentang satu keluarga yang terus mengalami hari yang sama ketika mereka semua dibunuh oleh seorang serial killer. Dengan latar waktu di tahun 1985, Haunter sukses membuat merinding penontonnya dengan menghadirkan scene-scene klasik dan kuno. Lisa--si tokoh utama--adalah yang pada akhirnya menyadari bahwa keluarganya terus terjebak pada waktu dan hari yang sama.

8. Edge of Tomorrow (2014)
Edge of Tomorrow.

Diadaptasi dari novel Jepang karya Hiroshi Sakurazaka, Edge of Tomorrow mengambil tema time loop dengan latar peperangan melawan alien. Diperankan oleh Tom Cruise, sosok William Cage harus mengulang hari yang sama dan dari starting point yang sama saat ia mati. Dengan tagline “Live, Die, Repeat”, Edge of Tomorrow memberikan scoring yang bagus dan cerita yang cukup kompleks untuk diikuti. Penggemar Tom Cruise dan film action-thriller jangan sampai melewatkan menonton film ini.

9. Before I Fall (2017)
Before I Fall.

Mengusung genre drama, Before I Fall menceritakan tentang seorang gadis yang terus terbangun di hari yang sama--hari cupid day. Meskipun Samantha Kingston memiliki segalanya dalam hidup, namun ada hal lain yang sebenarnya mendasari mengapa ia hidup. Setelah mengalami time loop, Samantha terus mencari tahu apa yang sebenarnya ia inginkan dalam hidupnya. Di akhir film, barulah ia tahu maksud dari pengulangan hari yang dialaminya tersebut.

10. Happy Death Day (2017)
Happy Death Day.

Meskipun memiliki premis yang mirip dengan Before I Fall dan dirilis di tahun yang sama seperti film tersebut, namun Happy Death Day memiliki warna yang berbeda. Film ini memiliki genre slasher-horror yang dibumbui dengan komedi receh ala remaja. Sehingga saat kita usai tertawa karena kelakuan Tree Gelbman, kita akan langsung dihantui dengan sosok yang membunuhnya dengan keji. Tree harus terbangun di hari yang sama di mana dirinya terbunuh--tepat di hari ulang tahunnya.

Berikut adalah sepuluh film tentang time loop yang saya copy-kan pada teman saya. Untuk favorit sih, saya menyukai Source Code dan Looper. Namun delapan film yang lain juga tidak kalau seru untuk dinikmati. Selamat menonton!





Pictures are taken from:
http://www.pastposters.com/details.php?prodId=3372
https://psychology-spot.com/movie-before-i-fall/
https://iphone.mob.org/game/edge_of_tomorrow_live_die_repeat.html
http://www.shaw.sg/sw_moviedetails.aspx?filmCode=209%2052%2060
http://www.huffingtonpost.co.uk/2015/01/21/student-deja-vu-loop_n_6515062.html
http://cinemontage.org/2017/08/tom-tykwers-run-lola-run/
https://www.youtube.com/watch?v=3nj5MMURCm8
http://resonancefilms.ca/project/repeaters
https://www.hollywoodreporter.com/review/source-code-film-review-166936
https://beyondtheboxset.com/btbs/57-looper-2-super-loopers/
https://www.nytimes.com/2013/10/18/movies/haunter-a-horror-film-starring-abigail-breslin.html
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta Trisniarti

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

18 Comments:

  1. Wah, sama nih. Saya juga sekarang jarang nonton film, seringnya leyeh-leyeh aja di kamar. Enjoying my life gitu deh kayak amrazing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enjoying life and indomie coto makassar while singing Tayo in cadel mode.

      Delete
    2. Hey Tayo Hey Tayo dia bis tetil lamah. Meyaju, meyambat, tayo telalu tenang.

      Delete
    3. Sebenarnya nggak tidur tadi. Muehehehe

      Delete
  2. Hufff dr list di atas, yang uda kutonton baru 3 film doang. Terimakasih mayang rekomendasinyaaaa

    ReplyDelete
  3. baru nonton Source Code sama Edge of Tomorrow aja. sisanya nonton anime. gitu sih my life mah.

    ReplyDelete
  4. Wah rata-rata belum ditonton, jadi bisa nambah koleksi lagi film tentang time loop gini, eh kecuali source code deng hehe

    ReplyDelete
  5. Oke beberapa film bikin aku tertarik nonton, terutama groundhog day. Oiya may, coba jajal juga before i go to sleep. Aku sih belum nonton, tapi asli novelnya keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih rekomendasinya, Agia calon adik iparnya Icha. Masuk list!

      Delete
  6. Beberapa list diatas ada yang belum saya tonton. makasih rekomnnya mbak. Bersiap untuk leyeh-leyeh

    ReplyDelete
  7. NGAPA SAYA NGGAK PERNAH MENONTON SATU PUN FILM YANG MBA MAYANG JABARKAN DI ATAS :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kamu kebanyakan nonton tom n jerry, Feb :(

      Delete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.