Tips Menghindari Beruang Laut ala Marie Kondo

The Life-Changing Magic of Tidying Up by Marie Kondo.

Jika kalian sedang berwisata ke bawah laut, jangan lupa membaca buku karya Marie Kondo yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up. Dengan mengusung tagline “seni beres-beres dan metode merapikan ala Jepang”, Marie Kondo mengajarkan pada kita tentang manfaat membersihkan ruang tempat tinggal maupun ruang kerja kita. Pun dengan saat kita sedang berkunjung ke bawah laut. Metode beres-beres ini juga harus diterapkan.

Kenapa?

Karena.

Beruang laut.

Mengincarmu.

Setiap.

Waktu.
Mereka nyata. Camkan ini.

--- [] ---

Apakah kalian pernah mendengar tentang beruang laut? Ya, jika sudah pernah nonton Spongebob Squarepants, kalian pasti tahu kalau beruang laut pernah muncul di salah satu episodenya. Beruang laut adalah salah satu spesies hewan yang ada di laut dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Bersisik di bagian dorsal

2. Berbulu di bagian kepala

3. Memiliki sirip

4. Memiliki cakar

5. Kadang berkelamin betina, kadang jantan

6. Memiliki kecepatan ekstrem saat menyerang mangsa

7. Takut pada gambar lingkaran
Kayak gini, gaes.

Kalau kalian sedang merencanakan kunjungan ke Bikini Bottom, plis, bawalah ranting kayu. Nggak usah yang besar, kecil aja cukup. Yang penting bisa untuk menggambar lingkaran di tanah yang ada di dasar laut saat beruang laut menyerang. Biasanya nih, beruang laut akan menyerang saat malam hari.
Mon maap, ijabnya di KUA mana? Rock Bottom?

Namun jangan khawatir. Marie Kondo memiliki segudang life hacks agar supaya kalian aman dari sentilan beruang laut. Jadi kamu harus siap-siap mempraktekkan tips-tips berikut jika tidak ingin mati konyol karena diterkam hewan laut yang satu itu.

1. Jangan main klarinet.

Waini penting sih. Menurut Squidward (2010) dalam artikel jurnal berdasarkan pengalaman pribadinya, beruang laut tidak suka dengan suara klarinet. Apalagi klarinet yang dimainkan oleh Squidward. Sejalan dengan hal tersebut, Marie Kondo juga menegaskan bahwa membereskan alat musik yang sebenarnya tidak akan kita mainkan (atau kita mainkan namun kita tidak berbakat) harus dilakukan jika kita ingin terbebas dari beruang laut. Jangan sampai ada pikiran “ah, aku akan belajar klarinet suatu hari nanti, mungkin di laut”. Jangan. Tolong jangan. Penting adanya membuang barang yang memang tidak kamu gunakan sekarang. Jangan menimbunnya. Jangan mencari tempat baru untuk memainkannya. Daripada kamu mati sia-sia sebagai lalapan beruang laut, maka buang klarinet itu sekarang!

2. Jangan pernah melambaikan lampu senter ke depan dan ke belakang terlalu cepat. Itu dianggap undangan.

Yep. Marie Kondo juga mengatakan bahwa seni membereskan rumah sangat berhubungan dengan kepribadian seseorang setelahnya. Dengan membenahi lingkungan di sekitar kita, maka kita akan menjadi seseorang yang tenang dan tidak mudah panik. Hal ini penting terkait dengan cara kita melambaikan lampu senter. Orang yang melambaikan lampu senter terlalu cepat barangkali merupakan orang yang tidak pernah membereskan barang-barang di rumahnya. Kebiasaan ini akan dibawa kemana pun. Juga saat berwisata ke bawah laut. Maka, berbenahlah sehingga skill bermain senter kamu tidak berantakan dan mengundang datangnya beruang laut.

3. Jangan pernah berhenti menatap sekitar.

Betul. Jangan pernah kasih kendor. Saat membersihkan rumah, kamu harus terus menerus menatap sekitar untuk memastikan bahwa barang sekecil apapun tidak akan luput dari pemilahan. Sama seperti saat kamu berkunjung ke Bikini Bottom. Beruang laut bisa muncul kapan saja. Jika kamu sudah terbiasa teliti, awas, dan mawas diri, maka menghindari terkaman beruang laut tentu menjadi perkara yang mudah.

4. Jangan makan keju, kecuali yang kotak.

Marie Kondo, dalam bukunya, menegaskan bahwa cara menyimpan bahan makanan dan barang lainnya adalah dengan menggunakan tempat seefisien mungkin. Keju, jika diserut akan membutuhkan wadah penyimpanan yang lebih besar. Pun dengan keju yang berbentuk lingkaran karena bentuk ini menyisakan ruang sisa di sekelilingnya yang tidak dapat dipakai. Berbeda dengan bentuk keju kotak yang memperbolehkan bahan makanan lain bersanding di sekelilingnya. Beruang laut juga tidak suka semua jenis dan bentuk keju kecuali yang kotak. Maka, bawalah keju kotak saat berkunjung ke Bikini Bottom.

5. Jangan pakai topi sombrero.

Topi sombrero mungkin saja kita dapatkan saat berwisata ke Meksiko. Desainnnya unik dan berumbai-rumbai. Nah, Marie Kondo biasanya mengklasifikasikan jenis outfit ini sebagai kategori baju-bajuan. Dalam bukunya, Marie Kondo menyarankan agar kita tidak menyimpan barang-barang yang kelak tidak akan kita gunakan lagi. Men, siapa sih yang mau make topi sombrero lagi kalau tidak sedang di tempat asalnya? Apalagi membawanya ke dasar laut. Dikata mau cosplay? Buang topi yang tidak akan kalian gunakan lagi! Jangan dibawa untuk menuju kematian karena cengkeraman beruang laut!

6. Jangan pakai baju bodoh.

Ada salah satu kutipan menyenangkan dari buku Marie Kondo tentang seni beres-beres ini, “simpan baju yang saat kalian sentuh, ia akan membangkitkan kegembiraan”. Baju berkategori bodoh, misalnya saja dalaman yang talinya lepas dan celana jeans yang lubang di bagian pantat, adalah beberapa contoh baju yang masuk kategori bodoh. Jangan disimpan! Apalagi digunakan untuk bermain dan melompat di udara saat membuat gundukan pasir di pantai Bikini Bottom. Beruang laut tidak akan segan menggigit bokong jika kamu mengenakan pakaian bodoh tersebut!

7. Jangan lari, jangan jalan pincang, dan jangan merangkak.

Marie Kondo menyebutkan bahwa kita harus memasuki rumah atau ruang kamar dengan perlakuan yang tepat. Jangan asal masuk dan melempar barang-barang kalian ke lantai lalu tidur. Salah satu terapi KonMari untuk kliennya adalah mengucapkan salam pada rumah atau kamar saat kita pulang dari aktivitas di luar. Jangan berlari, jangan menyeret sebelah kaki, dan jangan sok-sokan merangkak jika memang masih kuat berjalan. Hormatilah rumah dan kamar sebagai bentuk apresiasi karena mereka sudah menjalankan tugasnya dalam melindungi diri kita sendiri. Jika terbiasa demikian, tentu kalian dapat dengan mudah terhindar dari terkaman beruang laut karena kalian tidak akan lari, jalan pincang, dan merangkak saat berwisata ke Bikini Bottom.

--- [] ---

Sebenarnya ada juga beberapa tips tambahan yang bisa kalian lakukan untuk mencegah datangnya beruang laut. Pertama, jangan berlagak seperti kera karena beruang laut benci kera. Apalagi keranjingan. Juga kerasukan. Jangan. Kedua, jangan memakai sepatu merah. Beruang laut benci manusia yang mengenakan sepatu merah. Karena beruang laut benci warna merah. Ia lebih menyukai warna pink karena lebih lembut dan unyu-unyu saat dipandang. Ketiga, jangan memakai rok panjang. Beruang laut lebih menyukai manusia yang memakai rok pendek span. Ya taw sendirilah alasannya kenapa.
Squidward is wasted. Don't be like Squidward. Like me. I will like you too.

Terakhir, jika beruang laut sudah mendekat, buat gambar lingkaran besar untuk melindungi diri dari gigitannya. Usahakan jangan lonjong. Usahakan jangan bengkok-bengkok seperti gambar bintang. Apalagi zig-zag seperti gambaran masa depan. Jangan. Dan nggak usah sok-sokan ngasih tambahan tipografi. Kelamaan. Bisa mati kamu. Gambar aja lingkaran pakai koin gopekan. Atau jangka, jika punya.

Jadi begitulah, semoga tips ini berguna. Ingat, serangan beruang laut terjadi bukan hanya karena niat pelaku, tetapi juga karena adanya kesempatan dari korban. Waspadalah. Waspadalah.





Images are taken from:
http://www.fanpop.com/clubs/spongebob-squarepants/images/36544624/title/spongebob-photo
https://cevo.com/member/179486
https://twitter.com/sbbuluburung/status/456382708143226880
https://this7is7spongebob.wordpress.com/2012/11/06/zelten-mit-patrick-und-thaddaus
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta Trisniarti

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

6 Comments:

  1. Replies
    1. Ingin komentar begini juga tadinya, eh sudah diwakilkan. Okelah. Firmansyah telah menyelamatkan saya dari kata-kata kasar. Wqwq.

      Delete
  2. HAHAHHAHAHAHA

    Selalu ngakak pas episode itu karena kayaknya Squidward apes banget kena serang terus XD

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.