Kisah Cinta Oliver dan Jenny.

Judul: Love Story
Penulis: Erich Segal
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 1995
Bahasa: Bahasa Indonesia (terjemahan)
Jumlah Halaman: 160 halaman

--- [] ---

Love Story merupakan salah satu cerita cinta klasik karya Erich Segal yang bukunya sudah dialihbahasakan di berbagai negara. Menceritakan tentang kisah cinta beda kasta, Jenny Cavilleri dan Oliver Barret IV. Dengan alur yang sedikit platonis, Erich Segal justru bisa menyegel hati para pembacanya dengan tingkah laku Jenny dan Oliver yang malu-malu-mau satu sama lain.

Eh, sebenernya nggak malu-malu mau juga. Keduanya mau. Tapi memiliki perlakuan berbeda dalam menyikapi jatuh cinta. Jenny malu dan cenderung menutup diri. Dan cuek. Beneran deh Jenny ini di awal cuek banget saat Oliver mendekatinya mati-matian. Sementara Oliver malu tapi sedikit agresif dan terus melancarkan cara-cara pedekate untuk mendapatkan pujaan hatinya.

Oliver yang disukai banyak perempuan di kampus karena tampan dan keturunan bangsawan, justru jatuh hati pada seorang Jenny yang kutu buku, anak perpustakaan banget, dan pendiam. Bahkan momen jatuh cinta keduanya terjadi di perpustakaan dan berawal dari sebuah buku. Oliver yang kala itu tertarik pada Jenny menawari gadis itu untuk minum kopi bersama, namun Jenny menolaknya. Lambat laun seiring berjalannya waktu, Jenny akhirnya mau. Dari sanalah kisah cinta klasik antara Jenny dan Oliver dimulai.

Novel ini berhasil membawakan cerita cinta dari kisah paling fundamental dalam sejarah. Pertemuan pertama. Meskipun akhir ceritanya menyedihkan banget, tapi buku ini cocok untuk menemani minum teh di pagi hari. Atau sebagai pengantar tidur di malam hari.

Rating dari saya: ****

--- [] ---

Judul: Oliver’s Story
Penulis: Erich Segal
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2012
Bahasa: Bahasa Indonesia (terjemahan)
Jumlah Halaman: 336 halaman

--- [] ---

Oliver’s Story adalah sekuel dari Love Story yang ditulis juga oleh Erich Segal bertahun-tahun setelahnya. Berbeda dengan Love Story yang mengusung sudut pandang orang ketiga dalam penceritaannya, Oliver’s Story, sesuai judulnya, diceritakan dari sudut pandang Oliver sebagai orang pertama. Ceritanya menggunakan kata “aku” dalam penunjukkan diri sendiri.

Buku ini menceritakan tentang kehidupan Oliver sepeninggal Jenny, istrinya. Oliver mengalami kehampaan yang amat sangat dan sedih luar biasa. Bertahun-tahun lamanya, hidup Oliver hanya terombang-ambing sebatas pekerjaan dan istirahat. Rumah dan kantor. Ia tidak bermain ke mana-mana. Ia tidak berteman dengan siapa-siapa. Hanya terkadang ia menemui orang tuanya dan orang tua Jenny secara bergantian.

Namun ada saat ketika Oliver penasaran dengan seorang perempuan dan akhirnya mereka berkencan. Oliver mencobanya berkali-kali dengan beberapa gadis. Tapi semuanya tidak ada yang berhasil. Semuanya gagal di tengah jalan. Oliver tetap tidak mampu melupakan sosok Jenny. Bahkan ia tidak sampai hati memikirkan perempuan lain sebagai pengganti Jenny.

Cerita di dalam buku ini cenderung lebih datar dan jauh lebih platonis daripada yang pertama. Sejujurnya, saya kurang suka. Apa yang kamu harapkan dari cerita seorang duda yang patah hati ditinggal mati istrinya? Ya, betul. Tidak ada. Melihat karakter Oliver yang mantan selebriti kampus dan justru menikah dengan gadis sederhana seperti Jenny, jelas sudah kalau pemuda itu amat mencintai istrinya. Jadi sepeninggal Jenny, sudah jelas hidup Oliver akan memburuk. Meskipun ada masa-masa penyembuhan yang diceritakan, tapi terlalu klise untuk ditebak. Serius deh.

Setelah membaca buku, saya jadi bisa menyimpulkan. Kisah cinta sempurna seharusnya tidak perlu disekuelkan. Terutama jika akhir di buku pertamanya sudah sempurna. Ya. Akhir yang sempurna belum tentu akhir yang bahagia, bukan? Jenny memang tiada. Tapi kesempurnaan cinta mereka sudah cukup untuk menutup cerita. Tidak perlu diperpanjang lagi dengan sekuel ini.

Rating dari saya: ***

2 Comments

  1. Jenny ini jin yang pacaran sama Bagas di Jenny Oh Jenny bukan sih? Yang karyawannya Pak Baroto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Jenny yang pacaran sama Zidan di lorong waktu.

      Delete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.