Kisah Cinta Casanova

Giacomo Casanova ~

Judul: Kisah Cinta Casanova
Penulis: Giocomo Casanova
Penerbit: PT. Serambi Ilmu Semesta
Tahun Terbit: 2015
Bahasa: Indonesia (terjemahan)
Jumlah Halaman: 269 Halaman

--- [] ---

Kalau dibilang bahwa Casanova adalah laki-laki paling brengsek sepanjang masa sih, sah-sah aja. Dengan pasangan sebanyak 132 perempuan sepanjang hidupnya, tak heran jika Casanova menjadi ikon playboy hingga saat ini. Namun demikian, Casanova mampu menuliskan sejarah tentang kehidupan aristokrat di masa lampau dan menjadi memoar paling dibaca di Eropa.

Buku ini saya dapatkan di salah satu toko online bersamaan dengan buku apa ya dulu, 12 Pasang Mata. Kalau nggak salah sih. Buku ini tipis, tapi nggak tipis banget. Bisa dinikmati dalam sekali membaca sekitar 2-3 jam. Karena bahasanya terjemahan, beberapa diksi dan koherensi buku ini menurut saya agak kacau. Tapi masih bisa dinikmati dengan baik.

Kisah Cinta Casanova menceritakan tentang kisah cinta Casanova yang berliku dan sering berganti pasangan pada tiga babak utama. Meskipun ia pernah menjalin cinta dengan banyak sekali perempuan, tapi tiga perempuan yang diceritakan di buku ini menjadi tiga titik utama kisah hidup Casanova. 

Bersama Henriette, kekasih yang paling dicintainya luar dan dalam, ia belajar tentang patah hati terhebat sepanjang hidup. Henriette adalah kekasih Casanova yang paling ia kenang, paling ia cintai, dan paling ia harapkan sepanjang hidupnya hingga akhir hayat. Mereka berpisah lantaran Henriette ternyata masih berstatus istri orang.

Sementara dengan MM, Magdalena, seorang biarawati di gereja, ia menjalin skandal paling hitam sepanjang hidupnya. Padahal saat sedang bersama MM, Casanova sudah memiliki kekasih yang bernama CC, yang juga seorang biarawati. Bahkan CC adalah teman dekat MM di gereja. Sementara MM sendiri sudah memiliki kekasih juga sebelum Casanova, yang merupakan salah satu petinggi di Venesia.

Rumit sekali kan?

Lalu dengan Marcolina, yang diakui Casanova sebagai keponakannya, Casanova menjalin cinta terlarang yang luar biasa. Marcolina yang jauh lebih muda daripadanya, ketika itu mampu membuat Casanova menyerahkan semua kekayaannya. Membuat pria itu jatuh bangkrut dalam kemiskinan. 

Buku ini mengambil tiga kisah cinta tersebut karena ingin menonjolkan tiga cerita yang paling dikenang Casanova sepanjang hidupnya. Sebenarnya, jika terus dibicarakan, tentu kisah cinta Casanova tidak akan ada habisnya. 

Meskipun begitu, buku ini tidak melulu membicarakan tentang petualangan cintanya yang rumit dan terjal. Buku ini juga menunjukkan bahwa Casanova telah menjadi salah satu penyair paling berpengaruh di Eropa. Semua tulisannya bahkan hingga kini masih terus dipelajari. Dan juga diterjemahkan menjadi berbagai literatur di seluruh dunia. 

Bukan hanya dikenal sebagai perayu ulung, Casanova juga merupakan filsuf paling agung sepanjang abad ke 17 di Eropa. Sumbangsih pemikirannya tentang politik, agama, dan pemerintahan, telah mempengaruhi tata kehidupan di Eropa hingga sekarang.

Beberapa kutipan yang cukup bagus dari buku ini adalah sebagai berikut.

Kalau kau tidak dapat melakukan sesuatu yang berharga untuk dicatat, setidaknya tulislah sesuatu yang berharga untuk dibaca. - hlm. 7

Entah bahagia atau tidak, hidup adalah satu-satunya harta yang dimiliki manusia. - hlm. 20
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta Trisniarti

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

8 Comments:

  1. Buku ini tipis, tapi nggak tipis banget.
    Maunya gimana nih? Tipis apa engga?
    Sebutin dong 132 nama perempuan yg deket sama Casanova

    ReplyDelete
    Replies
    1. TIPISSS. HAHAHAHA XD

      Oke, saya sebutkan.

      Mayang Dwinta 132x.

      Udah ya.

      Delete
  2. Itu kenapa ada tipe-ex, penggaris dan berbagai alat tulis segala ya di sekitar novelnya?

    Heee ... 132 perempuan, benar-benar baperan ini filsuf :P

    Btw 12 pasang mata pernah denger, yang murid2 pada ninggalin gurunya ketika mendapat panggilan perang saat partisipasi Jepang dalam WWII bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya hasil fotonya aestetik, Rif. Muehehe.

      Casanova emang terkenal sebagai filsuf yang gampang jatuh cinta. Tapi katanya cinta sejati Casanove cuma Henriette. Sayang udah jadi istri orang :')

      Iyaaa, betul. Ibu guru Koishi.

      Delete
  3. Buku yang mengajarkan banyak hal: 1) tentang patah hati karena mencintai seseorang, 2) tentang multi-poligami dengan orang yang sama-sama punya pasangan, 3) tentang ekonomi bahwa perempuan bisa menjadi faktor kebangkrutan. Hahahaha. Rekomendasi untuk cewek-cewek pemuja Dilan nih, biar mereka tau bahwa cinta bukan cerita indah doang. Hehe.

    ReplyDelete
  4. Kalau zaman sekarang menyebut laki2 yang hobi punya banyak pasangan dengan "casanova" pasti anak milennials gak paham, mereka tahunya casanova itu keripik singkong. Emaap.

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.