Salt Movie: Karena Perempuan Harus Bisa Beladiri

Poster film Salt.

Sebagian orang berpikir menjadi perempuan yang lemah lembut adalah kodrati. Namun ada juga yang berpikir bahwa perempuan harus bisa menjaga diri sendiri terlepas dari adanya lelaki yang mendampingi.

Itu betul.

Saya sendiri pernah membaca sebuah artikel bahwa perempuan yang bisa “sedikit” beladiri lebih mampu melindungi daripada yang tidak. Kita tidak bisa serta merta berubah warna kulit menyerupai sekitar ketika ada penjahat. Kita juga tidak bisa memutuskan ekor supaya penjahat tersebut bisa terkecoh. Yakali, memangnya kita cicak?

Oleh karena itu, perempuan setidak-tidaknya harus bisa beladiri. Paling tidak jika suatu saat ada bahaya yang menghadang di jalan, kita bisa menendang biji penjahatnya dan kabur. Selesai urusan.

Ngomongin beladiri, ada salah satu film Hollywood yang saya sukai. Yang main di film ini adalah Angelina Jolie. Film dengan genre thriller action ini berjudul Salt dan rilis di tahun 2010.

Mulanya, saya menonton film ini di channel Fox Movies saat berada di sebuah hotel karena akan mengikuti sebuah acara. Setelah saya tonton filmnya sampai habis, ternyata filmnya keren banget anjir. Akhirnya saya memutuskan untuk mendownloadnya juga untuk menonton ulang di kosan.

*padahal saya biasa aja kalau nonton film Angelina Jolie yang lain*

--- [] ---

Salt menceritakan tentang seorang wanita bernama Evelyn Salt yang merupakan seorang agen operasional CIA. Pekerjaannya yang menantang membuat Salt sempat dicurigai sebagai mata-mata Amerika oleh Korea Utara. Ia sempat dikurung dan disiksa sampai akhirnya ditebus oleh koleganya dari CIA dan Mike, kekasihnya yang merupakan seorang ilmuwan Biologi (spesifiknya bagian penelitian terhadap laba-laba).
You move, you die.

Setting waktu berlanjut di dua tahun kemudian. Salt dan Mike telah menikah. Saat itu, Salt memiliki tugas untuk menginterogasi seorang pemberontak dari Rusia bernama Orlov. Namun Salt justru dijebak dan harus kabur melarikan diri dari gedung CIA. Disinilah akhirnya ia tahu bahwa suaminya diculik oleh pihak Rusia dan hanya akan dibebaskan jika ia mau membantu pembunuhan Presiden Rusia.

Konflik semakin rumit dengan ketidakpercayaan kolega CIA Salt yang lain, membuat Salt harus berusaha menyelamatkan suaminya sendiri meskipun harus mati.
Bayangkan kalau yang naik motor ini emak-emak.

Petualangan Salt selama berpindah tempat dari Amerika ke Rusia harus berhadapan dengan banyak pihak menyebalkan. Di film ini, adegan pembunuhannya sudah mirip seperti manusia yang tidak sengaja menginjak semut. Enteng banget, sialan. Nyawa kayak nggak ada harganya.

Salt yang harus berhadapan dengan hal-hal semacam itu harus menahan diri untuk tidak mundur. Ia bahkan berhasil membunuh banyak sekali orang yang berusaha mencelakai dirinya dan suaminya.

Dengan durasi kurang lebih 104 menit, film ini cocok sekali untuk ditonton saat weekend tiba, apalagi untuk para penggemar film thriller action. Salt membuka sisi lain kehidupan agen CIA yang penuh tantangan dan ketegangan.

--- [] ---

Ngomong-ngomong, saya heran ya dengan Angelina Jolie. Cantiknya nggak pernah pudar sama sekali. Dari awal karir hingga sekarang, Angelina Jolie masih memegang rekor dengan status artis Hollywood dengan bibir terseksi yang pernah ada di beberapa polling majalah dan portal online.
Bibirnya yaampun.

Emang cantik banget sih. Despite of isu negatif dan beberapa kontroversi yang pernah ia lakukan semasa hidupnya, saya sendiri termasuk yang menyukai Angelina Jolie.

Pertama, ia termasuk artis yang memang aktingnya profesional dan bagus banget. Kedua, ia banyak ikut acara-acara kemanusiaan yang diadakan di beberapa lembaga dan komunitas dunia. Dia bahkan mengadopsi beberapa anak dari negara lain dan menyediakan kebutuhan pendidikan yang bagus untuk anak-anak tersebut. Nggak hanya gosip murahan ini dan itu, tapi Angelina Jolie juga terkenal karena kebaikan hatinya. Gokil.

--- [] ---

Mengilhami film Salt ini, saya jadi semakin menyadari bahwa kemampuan beladiri pada perempuan itu penting. Kita tidak tahu kapan bahaya menghadang, kan? Apalagi kalau dipikir-pikir, nggak ada tuh kasus “nyata” tentang laki-laki dicegat dan dinakalin oleh perempuan, yang ada selalu perempuan yang dinakalin oleh laki-laki. Oleh karena itu, perempuan nggak boleh lemah. Kalau nggak bisa beladiri, usahakan bisa lari. Ini penting untuk tindakan pencegahan.
Salt berlari di atas truk-truk yang melaju kencang.

Sedikit bercerita tentang beladiri, saya pernah belajar Aikido sebentar saat masih kuliah dulu. Memahami teknik tendangan dan pukulan hanya butuh waktu sekitar sebulan. Itu basic. Kalau mau lebih dalam dan mempelajari kuncian serta kawan-kawannya, butuh waktu sekitar dua bulan.

Mulanya memang kaku dan susah, apalagi mungkin bagi perempuan yang jarang olah fisik ya. Tapi percayalah, lama-lama akan semakin mudah. Bahkan kalau seminggu saja nggak latihan, tubuh kita justru pegal-pegal rasanya.

--- [] ---

Oh, iya. Sebenarnya saya dulu nggak terlalu suka film action yang pure buatan Amerika, apalagi jika aktor dan artisnya juga para pemain dari Hollywood. Karena saya udah di-brainwashed oleh film-film action asal negeri China. Saya adalah penggemar nomor satu film-film Jackie Chan, Jet Li, Andy Lau, dan Stephen Chow. Film-film action mereka nggak ada matinya, meeen. Bagus dan keren abis.
Kung Fu Hustle is my all time favorite action movie ~

Kalian pasti hapal film yang selalu diputar saat liburan tiba, Kung Fu Hustle. Film lejen yang nggak pernah gagal bikin ngakak walaupun ditonton berkali-kali.

Jadi kalau saya ditanya film action favorit saya apa, saya akan langsung menjawab dengan semua judul film shaolin asal Mandarin yang pernah saya tonton. Mereka lah film action favorit saya. 





Pictures are taken from:
https://www.pinterest.com/explore/salt-2010-film/
http://www.pluggedin.com/movie-reviews/salt/
https://www.movieinsider.com/photos/18628
https://www.aliexpress.com/item/Angelina-Jolie-Posters-Art-Silk-Poster-Prints-24x36-Angel1/32757386287.html
https://www.rogerebert.com/scanners/agents-of-chaos
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta Trisniarti

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

10 Comments:

  1. Iyap aku udh pernah ntn film ini mbak May, keeeeren banget.. E emg aku suka film action sih, hehe
    Jempol lima deh

    ReplyDelete
  2. Dari dulu, saya selalu menyukai film2 Angelina Jolie. Perempuan yang satu ino memang cocok dengan senjata dan beladiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Saya juga setelah nonton ini, baru suka filmnya yang lain :)

      Delete
  3. Saya sangat senang menonton film action apalagi jika pemerannya adalah seorang perempuan. Sudah cantik jago beladiri pula.

    ReplyDelete
  4. Hahahaha xD selain ilmu beladiri, cewek juga punya kok skill bawaan. Teriak. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA. Sekejap seluruh mata dunia beralih padanya, hahaha xD

    I AGREEEEEE!! Film shaolin2 tuh. Macem boboho juga ya Allah. Gembul temenan sama yang cool itu. Kecil2 kok udah bikin jatuh hati :' meski sekarang udah gede sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah pada gede semua ya, Zahrah. Tapi nggak pernah bosan nonton filmnya XD

      Delete
  5. sepertinya film yang dibahas diatas sdh beberapa kali saya tonton, untuk memastikan apakah benar kata orang bibirnya si Jolie itu seksi. Ternyataaa..... ahhh sudahlah pembaca bisa menilai sendiri. :)

    ngomongin soal wanita harus memiliki ilmu beladiri, sepertinya harus, biar aman saat keluar rumah.

    tapi kalau pasangannya ahli beladiri juga...mmmm kalau sdng ribut,,,,, biasanya orang2 enggan melerai, soalnya takut kena jurus beladirinya. :)

    Selain skill " teriak " wanita juga punya sklill lain..yakni " Jurus Langkah Seribu " dan " " jurus jambak rambut ". :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi saya pernah waktu dulu mau dibegal, suara justru ilang gitu aja. Cuma bisa ngklakson X)

      Delete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.