Clint Eastwood

Konsepnya keren banget ya.

Judul: Clint Eastwood
Album: Gorillaz
Penyanyi: Gorillaz
Tahun: 2001
Durasi: 4 menit 28 detik
Label: Parlophone
Genre: Trip hop – Rap rock 

--- [] ---

Saat kecil dulu, saya suka sekali dengan lagu berjudul Clint Eastwood.

Gorillaz adalah salah satu band pertama yang menyita perhatian saya saat MTV masih mengudara di televisi. Pertama kali saya melihat video klip Clint Eastwood, saya langsung takjub. Ini apaan dah band kok isinya tokoh virtual begini? Apakah memang video klipnya aja yang dibuat begini? Atau memang konsep band-nya seperti ini? 

Saat itu belum banyak warnet. Semua informasi tentang band dan musik hanya dapat diperoleh melalui koran atau tabloid yang terbit mingguan. Kadang, majalah anak-anak langganan saya juga membahas beberapa musisi luar dan dalam negeri. Tapi saya belum menemukan artikel tentang Gorillaz sama sekali. Alhasil, saya hanya menjadi penikmat lagunya yang super enak karena selo abis. Liriknya sederhana. Maknanya nggak tinggi-tinggi amat. Membuat anak ingusan seperti saya bisa ikutan gerak-gerak karena iramanya yang santai.

*padahal nggak paham artinya sama sekali karena masih bego inggris-inggrisan*

Saat itu, saya masih SD. Kalau nggak salah. MTV kan tahun-tahun 2000an ya? Ya, pokoknya itu deh.

Pokoknya tahun dimana hidup saya isinya hanya main, makan, tidur, sekolah bentar, nonton kartun, belajar ngaji, nakalin temen, maling rambutan tetangga, main, makan, tidur, sekolah bentar, nonton kartun, belajar ngaji, nakalin temen, maling rambutan tetangga, dan seterusnya. Sungguh kebahagiaan yang haqiqi dan surgawi sekali.

Masuk ke SMP, lagu ini dibawakan oleh salah satu band teman saya di acara pensi sekolah. Saat itu, sudah ada warnet bertebaran. Usai pensi, saya langsung memacu kaki menuju warnet terdekat dari sekolah dan mulai mengunduh lagu-lagu Gorillaz. Ada banyak sih. Hampir semua lagu Gorillaz saya suka.

Tapi sampai saat itu, favorit saya tetap Clint Eastwood.

Saya pun mencari informasi tentang band ini dan menemukan fakta bahwa sebenarnya ia hanya terdiri dari dua orang musisi. Damon Albarn dan Jamie Hewlett. Jadi, band ini memang mengusung konsep virtual member dengan menciptakan 4 karakter band yang bernama 2-D (vokalis dan pemain keyboard), Murdoc Niccals (pemain bass gitar), Noodle (gitaris dan pemain keyboard), serta Russel Hobbs (drummer dan pemain perkusi).

Makanya, jangan heran kalau semua video klip lagu Gorillaz isinya hanya animasi mirip cerita kartun semua. Karakter kartun inilah yang menjadi ikon Gorillaz. Namun, saat konser, mereka tetap berwujud dua orang yaitu Damon dan Jamie tadi. Biasanya, di layar belakang panggung, akan ada 4 karakter fiksi Gorillaz yang menjadi latar konser mereka.

Unik sekali bukan?

Dan hingga kini, lagu favorit saya dari Gorillaz tetaplah Clint Eastwood.

Lagu ini, nggak ada matinya buat saya. Sekarang setelah saya agak tahu tentang Bahasa Inggris, saya jadi tahu lirik lagu ini arahnya kemana. Clint Eastwood menceritakan tentang seseorang yang selalu bersyukur atas hidup yang dimilikinya. Selo banget anjir. Lagu ini patut menjadi sound track saat kita sedang memiliki mood yang bagus. Meskipun gaya bernyanyinya seperti nggak niat (bahkan terkesan seperti orang mabok), tapi lagunya enteng banget gila. 

Kalau mendengarkan lagu ini, rasa-rasanya hutang gorengan di kantin amblas semua. Apalagi dengarnya saat sore. Menjelang malam. Pulang kerja gitu kan. Di teras. Makan mangga sama es teh tawar. Atau pisang goreng. Sensasinyaaa, ampuh banget oy!

Coba deh cermati sepenggal liriknya sambil mutar video yang disisipkan di bawah. Kalau nggak bagus, ada jaminan uang kembali deh.


I ain't happy, I'm feeling glad

I got sunshine in a bag

I'm useless but not for long

The future is coming on

I ain't happy, I'm feeling glad

I got sunshine in a bag

I'm useless but not for long

The future is coming on

It's coming on

It's coming on

It's coming on



(Gorillaz - Clint Eastwood)





Pictures are taken from:
https://crackmagazine.net/article/long-reads/gorillaz-art-retrospective/
https://www.redbubble.com/people/mrpopo8/works/24489714-good-game-well-played?p=acrylic-block&rel=carousel
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

4 Comments:

  1. Sayangnya sy tdk punya para bola, jadi nggak ada MTV nya, padahal saya suka musik, paling lihat via Youtube

    ReplyDelete
  2. Video klipnya seru ya, kayak nonton Upin & Ipin lagi kasidahan.

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.