Mungkin dari kalian sudah paham ya, kalau blog ini isinya random. Dulu banget nih ya, duluuu... banget. Isinya bahkan hanya postingan konslet macam lirik lagu, puisi, cerpen, dan bahkan tugas sekolah yang baru-baru ini saya hapus dari peredaran karena sudah sadar.

Saya termasuk orang yang sempat on off dalam mengelola blog dan sebenarnya nggak pernah jelas mau membawa blog ini ke tema apaan. Dulu, satu post bisa nge-link ke beberapa "label" tulisan, sehingga nggak bisa fokus di satu kategori.


Berhubung udah beli domain *pamer dikit* dan menghapus segala aksesoris "KIWI", saya sempatkan untuk mengedit dan membatasi isi blog supaya lebih fokus. Jadilah sisa postingan hanya 40 sekian butir dan masing-masing labelnya lebih terarah.

Label-label yang saya khususkan adalah:

1. BUKA BUKU

Yah, isinya kurang lebih berkisar di resensi novel, komik, dan buku apapun yang sudah dan barusan saya baca. Sesuai tema blog yang sekarang (dan juga hobi gila saya yaitu membaca dan mengotori buku), sepertinya label ini yang akan sering saya angkat.

2. MUSIK ASIK

Isinya seputar musik lah. Sesuai namanya. Kadang bahas penyanyi, band, atau grup kesayangan. Kadang juga bahas lagu atau album baru. Ini perlu banget karena draft tentang musik sudah hampir lima puluh tapi nggak pernah diteruskan. Wakakaks :v

3. RESENSI MOVIE

Ini sedikit cuap-cuap saya mengenai film bergenre apapun (mungkin film anu juga #eh), dorama jepang, drama korea, film series, anime genre apapun (tapi genre IYKWIM nggak termasuk ya), dan movie apapun yang sudah selesai saya tonton. Meskipun reviewnya abal-abal, sih, karena saya nggak expert-expert banget. Hehe x)

4. MASAK ENAK

Berhubung saya suka masak-masak, bikin kue, dan bereksperimen apapun di dapur, saya ingin tetap mempertahankan label ini. Siapa tahu jadi bisa menularkan sebagian ilmu memasak saya yang terpendam :))

5. TUTORIAL BLOG

Saya nggak expert di bidang ini (karena dulu gagal masuk IT, tsah jadi curhat). Tapi dulu banget, sempat nulis tentang maintain layout menggunakan CSS dan HTML sampai bego. Meskipun sekarang postingannya sudah dihapus. Tapi kalau ke depan ada blog hacks yang berguna, akan saya share di label ini.

6. PETA FISIKA

Sebagai manusia yang bekerja di bidang ini, saya sebenarnya punya blog tersendiri dengan platform wordpress di BUKUBIRU. Tapi blog yang bersangkutan sekarang sedang undermaintenance karena saya perbaiki. Isinya hanya full english seputar dunia Fisika saja. Jadi kalau artikel Fisika yang ringan, akan saya tulis disini.

7. SHARING SILANG

Random post tentang sharing seputar kejadian menggelegar di dunia dan juga fenomena sehari-hari. Label ini ditulis karena otak saya yang gampang banget tersentil kalau melihat, mendengar, dan mengamati sesuatu. Ehe.

8. CURHAT COLONGAN

Daily diary tentang pesan kesan kehidupan seorang anak manusia yang akan beranak. #lho. Yah, sebenarnya berisi tulisan kocak nggak kocak yang bisa mewakili muntahan hati dan pikiran seharian.

9. MINI EVENT

Sedikit event kecil untuk teman-teman blogger yang sudah setia menemani ke-absurd-an saya selama bertahun-tahun. Inginnya sih, kalau ada rejeki lebih dan blog sudah lumayan aktif, saya mau bikin event lagi yang rutin tiap tahunan gitu. Rewardnya bisa buku, CD musik (saya usahakan ori, wakakak), skin care atau make up, dan pembalut.

So, that's it. Label di blog ini hanya tinggal 9 butir. Dan mungkin ke depannya saya akan lebih fokus kesana, terutama untuk label BUKA BUKU. Karena sudah banyak sekali buku yang saya baca tapi belum sempat direview sampai tuntas karena hanya berakhir di draft blog atau notes HP.

Daaan...

Sebenarnya, hari ini saya ingin dan kepikiran untuk nambah satu label blog lagi. Biar genap 10 gitu labelnya.

Apakah itu?

Ehm...

Mungkiiin, banyak banget yang akan kaget dan terkenyot karena tidak menyangka saya bakal mengangkat tulisan seperti ini. Dan label tersebut adalah...

Tet tet tet tet tet teeet...

...

...

...

...

...

BEAUTY RANGER!!!

Isinya seputar make up dan dunia skin care yang baru-baru ini saya cemplungi. Bukan bermaksud apa-apa. Bukan juga ingin ikut-ikutan para beauty blogger yang sudah lebih dulu terjun kesana ataupun fokus dengan satu tema itu saja, saya sih hanya ingin sharing dan minta pendapat para teman blogger perempuan (maupun yang bukan perempuan tapi tertarik ngobrolin ini) untuk cuap-cuap sedikit tentang beauty products atau beauty hacks DIY.

Sebenarnya sedari tadi pulang kerja, saya mikir-mikir.

"Pantes nggak ya, kalau saya ngereview produk kecantikan gitu?"

"Bisa nggak ya, saya nulis tentang plus minus sebuah skin care?"

Dan pikiran-pikiran liar itu, sebenarnya terpelatuk dari celoteh seorang murid saya di kelas beberapa bulan yang lalu. Jadi, ceritanya, saya dulu sempat berkeliling untuk memastikan mereka mengerjakan soal Fisika yang telah saya berikan di papan tulis. Saat melintasi bangku nomor dua dari belakang yang memang biasanya dihuni oleh ciwi-ciwi geng sosialita, saya melihat mereka sedang bercermin dan tampak memoles-moles bulu mata dengan sesuatu. Bentuknya gel membal-membal ala tofu jepang. Warnanya putih kekuningan kayak cairan anu.

Saya pun penasaran dan mendekatinya.

Guru cantique: Soalnya udah dikerjakan belum? Kok udah nyantai-nyantai? :)

Murid centil: Udah, Bu. Nih... Udah selesai kok. (menunjukkan buku tugasnya)

Guru cantique: Kalau gitu, bisa dikerjakan juga soal romawi dua. Biar makin paham contoh penerapan konsep yang lain, ya.

Murid centil: Duuuh... Capek, Bu. Masih benerin bulu mata juga iniii...

Guru cantique: Wah, anak SMA jaman sekarang, ya. Udah tahu cara dandan. Memangnya ini kamu pake apa buat bulu mata?

Murid centil: Jiahhh... Bu Guru masa nggak tahu? Ini namanya Vaselline Petroleum Jelly. Berguna agar bulu mata kita lentik sebelum pake maskara. Ini produk yang udah hits di kalangan anak remaja dan wanita dewasa lho, Bu. Oke oce banggetz!

WADEZIG. KAYAKNYA SAYA SALAH NANYA.

Disitu saya yang memang nggak paham tentang per-makeup-an dan perskincare-an, hanya bisa menelan ludah. GLEK! Namun percakapan tidak hanya berhenti sampai disitu saja...

Guru cantique: Oh begitu... Kamu tuh ya, sebenarnya nggak perlu dandan juga sudah cantik, kok. Lagian anak SMA juga belum perlu kan dandan yang pake make up ini itu segala. 

Murid centil: Ah, perlu, Bu! Sekarang kalau anak SMA nggak dandan tuh ya, pasti bawaannya kucel dan kusam. Bu Guru tahu nggak istilah "how I hit my puberty"? Jadi, masa-masa sekolah kayak gini nih yang harusnya kita gunakan untuk mulai merawat kulit kita dan belajar dandan. Mungkin karena jaman SMA ibu dulu belum ngehits nih cara merawat diri saat puberty, jadi ibu nggak tahu gitu? Atau memang... Ibu guru yang pubernya telat, ya?

Lagi-lagi saya menelan ludah... GLEK!

Semenjak itu, saya terus terngiang-ngiang kalimat terakhirnya...

"Ibu guru pubernya telat, ya?"

"Ibu guru pubernya telat, ya?"

"Ibu guru pubernya telat, ya?"

Sekali lagi...

PUBER TELAT.

PUBER TELAT.

PUBER TELAT.


TELAT PUBER.



TELAT PUBER.



TELAT PUBER.

Saya sering sih, dikatain oleh teman, "May, puber lo telat! Masa iya nggak ngerti cara pake bedak dan lipstick yang gampangnya naudzubillah begini?"

Dan kalimat itu dilontarkan oleh teman kos saat saya sudah praktik mengajar di salah satu sekolah negeri di kota Solo, bulan September tahun 2015. Waktu itu, saya dan dua teman lain ditegur kepsek karena ngajar polosan (bukan bugil ya), tanpa mengenakan make up sedikitpun. Sementara teman PPL yang lain sudah bisa berdandan klimis dan necis.

Semenjak itu, saya akhirnya mau belajar tentang skin care dan make up sedikit demi sedikit.

Saya membeli satu demi satu. Mulai facial wash, bedak (saat itu saya beli merk Marcks yang murah harganya dan nggak habis-habis isinya sampai kadaluarsa karena saya sempat males-malesan memakainya), dan lip balm merk Lip Ice yang bisa berubah warna jadi pinky-pinky sexy.

Tapi saat kata-kata "puber telat" dilontarkan oleh seorang murid yang notabene lebih kecil, lebih krucil, dan lebih newbie di dunia ini daripada saya, harga diri saya seakan terinjak-injak karena tengsin dan sedikit malu. Hiks :')

Ya udahlah ya, namanya juga perkembangan jaman semakin cepat. Beauty vlogger bertebaran dimana-mana. Bahkan salah satu murid saya juga sudah ada yang jadi beauty vlogger. Makanya nggak heran kalau murid SMA jaman sekarang cantik-cantik dan caem-caem. Bersih mukanya dan sebagian sudah bisa dandan tipis-tipis ke sekolah. Nggak kayak jaman dulu :))

Okelah, sekian curhat colongan hari ini.

Jadi, jangan kaget kalau ke depan bakal ada beberapa postingan dengan label "beauty ranger" nyempil di blog ini. Muehehe :v

Have a nice Tuesday!

6 Comments

  1. That's cool

    Iyaaa
    Beauty blogger dan beauty vlogger emang kekinian banget sekarang
    Hihihihi

    Sama sih, blog aku juga campur aduk
    Makanya aku jadiin konsepnya blogazine aja
    Majalah Bobo kan juga isinya campur aduk hahaha

    *Pelarian karna gak bisa mutusin harus mengusung genre apa*

    XD

    #HidupBloggerCampurCampur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ul. Coba deh tengok anak SMA sekarang. Cantik-cantik banget kan? Kayaknya hampir nggak ada yg dekil kayak aku jaman sekolah dulu :')

      Semua ini karena produk-produk kecantikan yg meraja lela akibat racun beauty blogger dan vlogger. Wkwk.

      Haish, sama banget. Hidup blogger campur-campur xD

      Delete
  2. kok murid kamu berani ngomong gitu ke gurunya dah hahahaha. btw vaseline petroleum jelly ini multifungsi banget yah, buat bibir bisa, buat kulit bisa, buat alis & bulu mata bisa. mana isinya banyak banget. dulu pernah punya, udah dipake bertaun-taun ga abis-abis akhirnya kedaluarsa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah, mungkin muridnya yang sedikit sengklekan atau karena sudah terlalu akrab dengan gurunya yang sengklek :v

      iya nih, aku juga baru tahu beberapa bulan yang lalu. *telat banget ya wkwk* mau beli tapi dimana-mana habis nih.

      ah sayang banget kadaluarsa :'(

      Delete
  3. Kalo masalah make up, takut ketagihan. Eh gak ding, kayak masih belum siap aja keluar dengan muka di lukis wkwkwk.

    Kalo skin care, hm teracuni oleh umik yang emang doyan perawatan sama.....para bloggers yang awalnya temanya begitu-begitu, jadi begini-begini argh. Bisa aja loh kalimat2 mereka yang persuasif :(

    Gak nyalahin mereka, imanku kudu diperkuat.

    Tapi kakak, kakak kan menghadapi banyak orang. Senyumlah karena itu ibadah :)

    ReplyDelete
  4. Puber telat.... Hiks, kok ngena banget ya๐Ÿ˜‚
    Kadang jadi suka pengen nyalahin keadaan kenapa fenomena beauty blogger dan vlogger blm ada di tahun 90an๐Ÿ˜… coba kalau SDH ada.... Jadinya kita kan nggak telat pubernya wkwkwk

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.