Salah satu kodrat manusia adalah mudah mengeluh. Panas dikit, protes. Hujan deres, protes. Nggak punya uang, frustasi. Punya masalah, depresi. Serba salah. Nggak bisa dibawa santai. Padahal, sudah jelas bahwa setiap kejadian yang ada pada hidup kita adalah sebagai imbas dari kejadian yang lain.

Sesuai dengan Hukum III Newton, dalam ilmu Fisika.

"Untuk setiap gaya aksi yang dilakukan oleh suatu benda, akan ada gaya reaksi yang besarnya sama namun arahnya berlawanan terhadap benda tersebut"

Kalau kamu marah-marah karena nggak punya uang, coba cek lagi kemaren habis ngapain. Belanja action figure mungkin kalau cowok? Atau kalau cewek habis shopping-shopping gincu? Ya wajarlah kalau uangnya raib tak berbekas. Nggak masalah. Itu manusiawi. 

Yang jadi masalah adalah, jika hampir setiap aspek dalam hidup kamu, selalu kamu sesali. Padahal di setiap reaksi yang mengenai kita lagi, akan kembali ada aksi karena hidup adalah siklus perputaran kejadian yang akan terus terjadi selama nyawa masih di kandung badan *cieh elah*. Akan ada hikmah di setiap kejadian. 

Misalnya setelah kamu menyesali nggak punya uang karena habis khilaf belanja, di jalan ada copet, pas dompet kamu diambil isinya kosong. Jadi nggak nyesel kan, walau nggak punya uang? *ini kalau surat-surat penting dan ATM diabaikan, ehe*

Maka dari itu, manajemen emosi sangat diperlukan untuk menghadapi segala sesuatu dalam hidup. Kamu butuh menerapkan kiat-kiat #HidupSelow dalam kejadian sehari-hari. Jangan biasakan diri dengan dikit-dikit mengeluh. Jangan jadi manusia penggerutu. Hidup cuma sekali. Sepahit-pahitnya harus tetep dinikmati. 

Diputusin pacar. Woles ajaaa... *sambil berdoa biar balikan*

Ditinggal nikah mantan. Woles lagiii... *sambil berdoa biar cerai*

Intinya, #HidupSelow ini indah jika kamu mampu bersyukur. Biar yakin, berikut ini adalah beberapa kiat #HidupSelow ala saya. Bisa dicontoh karena memang ampuh untuk mengusir kehidupan yang tegang dan penuh tantangan.

1. Karaokean di kamar atau baca buku saat kuota internet habis.




Kuota internet abis memang bikin keki. Apalagi kalau lagi streaming JAV, *eh. Bayangin aja. Tiduran nyaman di kasur, mager, pegang hape dengan layar segede gaban, asik stalking IG mantan, eh scrollingnya berhenti!!! Dan tiba-tiba ada pesan masuk yang memberitahukan bahwa, "kuota anda telah abis..."

Epic, bray.

Biasanya kita akan langsung marah-marah, mengeluh, bahkan mengumpat. Mau keluar, udah jam 11 malem. Counter pulsa udah pada tutup semua. Dulu saya juga begitu. Tapi dibalik semua itu, saya mengambil hikmah bahwa, dengan kuota abis, saya nggak nambah dosa dengan ngomel-ngomel melihat mantan majang foto dengan pacar barunya. Dan saya juga hemat kuota setengah hari sampai pagi.

Woles ajaaa...

Daripada bete, saya biasanya segera setel Winamp kenceng-kenceng, kalau nggak pake headset, trus nyanyi-nyanyi deh dengan lirik yang digubah sesuka hati. Alternatif lain kalau nggak karaokean privat di kamar, saya biasanya membaca buku atau komik jika kuota tiba-tiba abis di tengah malam. Aman kan? Malah bisa nambah wawasan.

2. Tidur cepat saat ada pemadaman listrik.




Lagi ena-ena nonton TV, listrik mati. Apalagi yang emak-emak lagi nonton sinetron, pasti langsung ngedumel nggak karuan. Hal ini sering terjadi kala musim penghujan. Di kompleks kos saya apalagi. Gerimis dikit, mati. Hujan deres, mati. Hal ini amat mengganggu kinerja saya karena saya memiliki PC portable. Laptop yang baterenya rusak dan harus nancep tiap pergi kemana-mana.

Setiap listrik padam, saya dulu selalu marah-marah. Selain nggak bisa ngapa-ngapain karena nggak ada laptop, disini juga gerah. Kipas angin harus nyala 24 jam karena kota saya panasnya luar biasah. Apalagi kalau ternyata batere hape juga pas tinggal 5%. Tamat sudah riwayatkuh...

Tapi sekarang saya berusaha mengambil hikmahnya. Woles ajaaa...

Dengan adanya pemadaman listrik, saya jadi bisa istirahat lebih awal daripada biasanya. Saya juga bisa tidur lebih lama hingga pagi tiba *meskipun saat paginya pasti gelagapan ngerjain deadline yang terbengkalai semalaman*. 

3. Masak  Indomie pake rawit saat hujan deras dan nggak bisa keluar rumah.




Udah dandan cantik, dandan ganteng, mau keluar hangout bareng teman-teman. Namun tiba-tiba hujan datang menyerang. Kemudian teman-teman satu persatu membatalkan janji buat ketemuan. 
A: Eh ujan.

B: Iya ujan.

C: Kayaknya kalau ujan begini, oe ngga bisa ikutan. Takut panu oe makin nyebar kalo kena air.

D: Sama, aku juga ngga bisa ikutan.

E: Sama, aku juga ngga bisa ikutan. (2)

F: Sama, aku juga ngga bisa ikutan. (3)
.
.
.
.
.
.
.
XXX: Sama, aku juga ngga bisa ikutan. (log 99999)
Siapa yang nggak bete hujan dan punya temen-temen bangke kayak begitu? Yasudahlah. Woles ajaaa...

Daripada gak mood terus terusan, perut laper, dan dingin-dingin empuk... mending masak Indomie di rumah. Rebus Indomie kuah rasa kari ayam, ceplokin telur ke dalam rebusannya sebelum mie-nya matang, tuang ke mangkok, beri bubuk koyanya, tambahkan irisan cabe rawit, bawang goreng, sawi atau kol, dan perasan jeruk nipis. Hanya dengan 5000-10000 rupiah, kalian sudah bisa mendapatkan kehangatan yang hakiki dari semangkok Indomie. Duh, nikmat Tuhan manakah yang engkau dustakan...

Bayangin kalau jadi keluar, nongkrong di cafe sama teman-teman paling nggak butuh budget 50ribuan. Hayo, lebih hemat mana, wahai jiwa-jiwa yang kelaparan setelah membaca postingan ini?

4. Ngemil Oreo dan Trenz dicelup air putih saat nggak punya persediaan susu cokelat.




Pulang sekolah atau kuliah atau kerja, pingin bersantai di rumah sambil nyemil oreo atau trenz. Lazimnya sih bagian sebagian besar orang, kalau makan oreo dan trenz dicelupin susu vanilla atau cokelat dulu biar makin afdol. Saya bahkan nggak cuma makan oreo atau trenz yang harus dicelup dulu. Hampir semua jajanan yang manis harus dicelup suatu cairan terlebih dahulu *fetish yang aneh*

Waktu saya cek, ternyata saya nggak punya persediaan susu waktu ngemil oreo. Aargghh!

Dulu saya pikir kejadian semacam itu adalah neraka. Tapi sekarang, woles ajaaa...

Celupin oreonya ke air putih aja! Nggak penting cairannya apa, selama itu bisa bikin "basah" oreo saya, saya tetap suka.

Ingatlah, nggak setiap orang mampu beli susu. Ada air putih, disyukuri. Diminum. Dimanfaatkan. Jangan nyari susuuu terus. Nggak baik.

5. Nonton anime series sambil ngemil Happytoss semalaman di malam Minggu saat nggak punya pacar buat diajak jalan.




Di rumah aja saat malam minggu? Nggak ada pacar yang bisa diajak keluar? Sementara semua teman-teman pergi dengan gandengannya?

Nggak masalah. Woles ajaaa...

Tinggal tancep colokan laptop, siapin Happytoss (atau sejenisnya). Siapin minuman dingin macam jus atau cola. Atur playlist video di program pemutar video macam GOM full semua episode anime series kesayanganmu. Atau bagi yang suka drama, atur playlist drama kesukaanmu. Peluk guling atau boneka favoritmu. Matikan lampu. NONTONLAH SAMPAI PAGI...

Perut kenyang, hati senang, walaupun nggak punya gebetan. Malah jadi nggak maksiat kan? *ehe*

CURHAT DIKIT:

Sebenernya kangen juga sih main tag-tag an sama temen blogger kayak dulu. Kita ngelempar tema postingan blog, nulis duluan sendiri, lalu ngetag temen blogger lain dengan tema posting yang sama. Semacam challenge berantai gitu deh.

Namun baru-baru ini saya lihat beberapa teman blogger punya kelompok kecilnya sendiri di samping bernaung pada komunitas blogger yang lebih luas. Kelompok blogger yang hanya terdiri dari 4-5 orang seperti WIRDY dan WPS. Mereka akan menulis postingan dengan suatu tema yang sama, kemudian gila-gilaan bikin tagar seru di timeline Twitter. Bukan main-main kalau menurut saya, karena hampir setiap tagar yang mereka usung mampu menjadi Trending Topic di Twitter. Emejing kan?

Saya belum bisa join atau bikin kelompok blogger begituan karena:

Satu, saya belum pakai domain berbayar (masih ada blogspotnya, jadi minder gitu).

Dua, saya masih belum konsisten blogging lagi karena kerjaan sehari-hari yang bejibun (klasik sih, tapi memang asli nih kerjaan saya full-time sampai Sabtu).

Tiga, belum ada yang ngajak joinan... masih meraba-raba teman blogger... masih asik blogwalking dulu nambah teman blogger baru biar akrab... teman blogger akrab yang dulu-dulu udah pada menghilang... ugh, lika-liku blogger lama yang habis vakum dua tahun...

Jadi yaaa, begitulah. Ada lima hal yang bisa bikin saya menyadari bahwa sebenarnya hidup ini indah, jangan terlalu dipikir serius terus-menerus. Dinikmati. Karena hidup hanya sekali. Ya nggak?

Sekian dari tulisan #HidupSelow ala saya. Bagaimana dengan #HidupSelow ala kamu? Bisa ditulis di kolom komentar ya!







Image Source:
http://coretannewbie.blogspot.co.id/2013/04/hidup-ini-indah.html
http://indomiefiesta.blogspot.com
http://giphy.com

18 Comments

  1. Yaampun, itu sempet-sempenya nyerempet Fisika. Aku mah cuma tau harga koefisien produk harus sama dengan koefisien reaktan. :(

    Woah, masak mi saat di luar rumah hujan emang n t a p! Ya, cuma, susah ngelawan mager.

    Btw, kalo pengin makan oreo yang basah, coba aja cara ini (agak jorok): diludahin. Mueheheh. Maap. Namanya juga usaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga promosi kerjaan, Rob :(

      Indomie memang tiada dua ~

      TERIMA KASIH BANGET LOH YA TUTORIAL MAKAN OREO-NYA!

      Delete
  2. Wow WIRDY numpang tenar di sini. Ahhh, jadi malu. >.<

    Buahaha, nggak harus anggota lu juga bisa ikutan bikin tulisan bertema, kok. Bulan ini rencananya WIRDY mau bahas sebuah lagu. Nah, terus bebas deh mau diapain aja itu lagu. Mau di-review, asal dikomentarin, dijadiin cerpen, atau dibuat parodi juga gak masalah. :D

    Oiya, cara makan oreo lu aneh, ya. Gue mendingan makan biasa aja daripada begitu. Mi instan campur cabe rawit itu emang mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh emang punya malu >.<

      Iya sih bener, dulu tag tag an posting juga begitu. Berantai dan gak pake harus anggota Kancut Keblenger :') *duh masa masa itu*

      Boleh deh nanti saya ikutan ya :)

      Memang aneh. Ngga cuma oreo, semua jajanan manis harus "basah" dulu X(

      HIDUP INDOMIE!

      Delete
  3. Hidup selow gaya aku?
    hmmmmm.
    Dibawa ketawa ajaaa

    Hadapi saat sedang di hadapan kita
    Lupakan saat sedang tak di hadapan kita

    Life is short, be happyy!! ^^

    ReplyDelete
  4. Bajingseng. Pas banget kemaren aku unmood gara-gara uangku kayak numpang lewat gitu. Akunya juga yang salah sih. Belanja nggak jelas. Huhuhuhuhu.

    Trus iya tuh. Kalau mati listrik aku jadi bete banget. Tapi bener kata kamu, bisa tidur cepat dan nyenyak gara-gara mati listrik. Ada hikmahnya~

    Waaah. Blogger lama nih kamu ya. Sempet ikut challenge-challenge gitu. Ayok aku mau kamu anu challenge aku, Say! Huahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cewe kalau udah megang uang, trus liat diskonan, amblasnya cepet banget, Cha X(

      Aku mau ikutan challenge anu yang ena ena asal kamu yg bikin X)

      Delete
  5. Hehehe jadi kepikiran, dulu pas masih kecil kita kan sering banget nyelupin oreo ke susu.

    Nah kalau saya ada di poin nomor 5, suka nonton anime series kalau lagi jenuh. Kadang bisa sampe non-stop.

    Santai aja, cees-cees blogger mah orangnya ramah-ramah kok. Walaupun gak bikin kelompok/gabung komunitas, yang terpenting punya banyak kenalan aja. Itu sudah lebih dari cukup.

    Oiya, itu kenapa harus minder segala soal domain. Domain mah cuma aksesoris, biar alamat blognya gak kepanjangan. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah ngga makan oreo lagi kah? X)

      Hehe, sama sama penyuka anime nih.

      Bener banget, ini masih mlipir mlipir cari banyak temen, bang. Hehe. Makasih sarannya yah :)

      Delete
  6. Intinya banyak bersyukur aja ya kalo lagi dapet masalah. Tapi kalo mati listrik gue malah gak bisa tidur, phobia gelap soalnya huhu.

    Wah ada WPS disebut sebut, jadi malu :$

    Sebenernya masalah domain belum TLD itu gak masalah sih, gue malah dulu di WPS sendirian yg masih pake blogspot. WPS juga kalo bikin proyekan ngajak yang lain biar ikutan kok, kayak post tutorial itu eh malah banyak blogger yg ikutan muahahaha. Kelompol atau geng blogger itu sebenernya gak terlalu penting, karena nyawanya blogger kan di saling bw. \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nggak bisa tidur kalau nggak gelap X(

      Hehe.

      Iya, kita kayaknya emang blogger seangkatan deh, Yog. Tapi kamu udah melejit, sementara saya vakum lama bgt :D

      Delete
  7. mbaa postnya kok ga bisa dibukaaa yaaa :'( cuma ini yang bisa, padahal kan aku mau bacaa postnya mbaaa :'(

    ReplyDelete
  8. Ngak bisa tidur kalo listrik mati karena gerah AC mati ihik ihi9k

    ReplyDelete
  9. kesel banget ya lagi asyik-asyik buka internet ehh kuota abis pas tengah malem, alhasil ya tidur.. hhe

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.