Saya memang belum bisa jadi blogger konsisten. Mulai mengenal blog dari 2008 saat masih SMP, lalu lupa password dan bikin blog baru Kiwibiru ini di tahun 2010, belum membuat saya "rajin" ngeblog sampai sekarang. Alasannya, macam-macam sih. Mulai dari yang klise hingga urgen pernah saya gunakan untuk "make an excuse" dari posting blog.

Kalau boleh jujur mengungkapkan isi hati, ehem, saya mengalami masa-masa blog masih awal jaya-jayanya tanpa ada saingan dari berbagai sosial media lain yang berbasis suara, gambar, dan video. Masih pure berupa serangkaian tulisan dari buah pikiran banyak manusia.

Beberapa hal mengesankan yang terkenang selama memiliki blog ini beberapa diantaranya adalah:

1. TINGGALKAN JEJAK DI CBOX YAA...

Saya mengalami masa-masa blogwalking yang bukan hanya meninggalkan jejak di kolom komentar, tapi juga di cbox. Saya hampir selalu mampir mengotori cbox teman blogger untuk eksis dan berharap dibalas di cbox saya.


2. PINGIN BIKIN TEMPLATE SENDIRI SAMPAI BELAJAR CODING

Saya mengalami suka dukanya belajar bahasa pemrograman sederhana untuk customize manual template, font, ukuran huruf, layout, pemilihan warna, dan HTML widget-widget di sisi kanan dan kiri postingan utama. Dulu awal-awal saya juga suka gonta-ganti template gratis yang banyak disediakan oleh blogger. Namun lambat laun setelah belajar CSS dan HTML, saya suka mengotak-atik template saya manual. Hingga jadilah template hasil karya saya sendiri yang hingga sekarang saya gunakan. Begadang buat coding css, browsing sana-sini buat nyari artikel pas yang jadi panduan, beli buku. dan pernah sampai frustasi berat gara-gara CSS layout saya lupa nggak kesimpan backupnya sementara koneksi internet terputus. Wkwkwk.

3. POSTING TANPA EMOTICON, GAK RAME, CYIN!!!

Jaman dulu, postingan tanpa emoticon bagai sayur tanpa garam. Gak sedhaaap, cyin. Saya pernah pakai emoticon yang langsung disisipkan ke kolom postingan secara auto dengan mengoprek HTML bagian postingan. Sehingga setiap menulis post baru, di bawah pengaturan warna huruf, ukuran huruf, dan kawan-kawannya, akan muncul kolom emoticon juga. Saat ingin menyisipkan, tinggal klik aja emotnya. Hal ini saya terapkan menggunakan Greasemonkey, add ons, yang hanya bisa menggunakan browser Mozilla Firefox. Nah, berhubung laptop saya saat lulus SMA sempat ganti motherboard dan rusak fatal setelahnya, laptop saya harus diperbaiki total dan semua data semasa SMA hilang (termasuk foto-foto), semua program jadi baru semua. Entah kenapa setelah itu add ons grease monkey tidak bisa saya install lagi di Firefox saya.

Saya pun coba-coba cara lain agar tetap dapat menggunakan emoticon, dengan cara seperti di postingan saya ini: Lagi-lagi Emoticons. Caranya adalah dengan menyisipkan emot manual pada saat kita akan posting artikel blog pada bagian HTML post (sebelahnya compose).

4. BELUM ADA FASILITAS JUMP BREAK, JADI PAKE CODING READ MORE MANUAL DI BAGIAN EDIT HTML

Dulu blogger belum menyediakan fasilitas jump break yang membuat kita dapat memotong postingan pada homepage untuk dibaca lebih lanjut dengan klik pada link berkata kunci tertentu (seperti read more dan sebagainya yang semau gue). Alhasil saya pun mencari-cari cara agar postingan dapat diringkas dengan read more secara manual lewat CSS lagi. Saya sempat frustasi karena kata "read more" nggak bisa diganti sesuai keinginan kita. Saya sempat curhat di postingan berikut ini: Mamamia Triple Kampretoz.

Namun seminggu kemudian saya bisa menyelesaikan masalah tersebut dan kata read more bisa diubah menjadi "Eat More Kiwi". Penjelasan lebih lanjut mengenai tutorial jump break manual dan mengubah kata "read more" sempat juga saya ulas di posting berikut: Go-Blogging.

5. GANTI-GANTI HEADER, PROFIL PICTURE, BANNER, DAN TEMPLATE BLOG KARENA SAYA TERMASUK ORANG YANG GAMPANG BANGET BOSAN

Saya tipe orang yang gampang bosan. Hampir tiap minggu saya berganti template blog. Haha. Namun karena lambat laun bisa sedikit-sedikit bahasa CSS dan HTML, saya membuat template sendiri.

Saya juga membuat header blog sendiri menggunakan program Corel dan XHeader. Penataan header pun sering membuat saya mati rasa karena terlalu kecil, tidak pas dengan warna template, dan lain sebagainya. Bener-bener dehhh...

Selain header, saya juga sering berganti-ganti banner. Jaman dulu kan masih ramai tuker-tukeran banner, bukan link seperti sekarang ini. Jadi saya suka sekali membuat banner. Dan jika ada banner teman blogger yang lebih bagus, saya akan membuat banner baru untuk menyainginya. Wkwkwk.

Tulisan saya tentang perubahan pernak-pernik blog sempat saya publikasikan disini: SERBA SERIBU.

6. TUKER BANNER, PASANG BANNER

Dulu, sesama teman blogger akan benar-benar dianggap "teman" saat sudah mau bertukar banner. Untuk itu, semua blogger akan berlomba menciptakan banner yang bagus lewat berbagai progam offline semacam Corel dan aplikasi online gratis seperti Glitter. Kompetitif banget deh pokoknya. Hehehe.

7. POSTINGAN AWAL-AWAL BELUM INFORMATIF DAN BERKARAKTER

Awal posting di blog, jujur saya lebih sering posting mengenai lirik lagu, puisi, dan curhatan ala-ala anak SMA yang masih alay dan labil. Mau tahu contohnya?

Puisi karya sendiri: Drama Duniawi
Resep tapi belum informatif: Pancake Cokelat Yummy
Curhatan random yang alay banget: Rapor...oh...Rapor

8. POSTINGAN SETELAH 2011 MULAI BERKEMBANG PESAT DAN YANG KOMEN BANYAK, EUY!

Setelah setahun blogging, saya mulai dewasa karena pengalaman dan postingan menjadi lebih informatif, menghibur, pengalaman sehari-hari, resep tapi interaktif, dan artikel lucu. Nggak tanggung-tanggung, saya sempat mendapatkan beberapa iklan (jaman dulu belom tahu endorse) dari zalora, tokobagus, dan beberapa sarana belanja online lainnya masing-masing berupa voucher 100ribu hingga 300ribu yang masuk ke rekening saya. Saya juga mulai ikut berbagai lomba blog.

Salah satu postingan saya yang mendapat banyak apresiasi adalah: Pengguna Jalan Labil.

Selain itu saya juga mulai berkawan langsung dengan salah satu blogger bernama Bebyfa yang tinggal di Jogja hingga mengiriminya surat dan kado saat dia ulang tahun. So swittt. Berikut ceritanya: Virtual Gift. Beby sekarang sudah vakum blog, dan hanya main tumblr karena sibuk dengan pekerjaannya. Namun kami masih berkawan di twitter dan saling sapa.

Pada 2012 saya pernah memberikan giveaway virtual pada teman-teman blogger saya juga dengan berbagai kategori lucu yang saya buat sendiri. Hehe. Lengkapnya ada disini: Giveaway, Tradition or Appreciation?

Dulu masih rame kuis dan giveaway antar sesama blogger lho. Selain itu, postingan blog jaman dulu juga ada tag-tagan kayak gini nih: Numpuk Tugas Bu Guru!

9. TAHUN 2012-2013 SEMPAT VAKUM LAMA KARENA KESIBUKAN UN DAN MAHASISWA BARU

Saat login blogger tahun 2013, saya sempat kaget dengan user interface blogger yang makin berkembang. Fasilitas jump break sudah tersedia, dashboard berganti gaya, dan fitur domain pihak ketiga sudah muncul. Karena pada dasarnya saya memang suka menulis, saya mencoba online lagi dan aktif menulis blog lagi. Karena tercenung dengan perubahan layanan blogger, saya juga sempat menuliskannya pada posting berikut lho: Seperti Terlahir Kembali.

Di titik itulah ada halaman statis tentang "Siapa Kiwi", "Kontak Kiwi", dan "Teman Kiwi" hadir setelah sebelumnya halaman statis blog saya hanya ada fanpage tentang japanese band favorit saya, L'Arc~en~Ciel (yang sekarang saya simpan hanya menjadi draft saja).

Di saat itulah postingan saya mulai berubah wajah. Tidak lagi bertebaran emoticon dimana-mana, tidak lagi banyak perubahan warna, ukuran huruf, jenis huruf, gambar, dan video yang membuat halaman post menjadi lambat loadingnya. Isi tulisan pun lebih kepada artikel-artikel, sharing, diary, opini, dan sebagainya.

Mulai menulis lagi setelah vakum lama, tentu banyak tantangan tersendiri. Bangkit susah lho. Apalagi saya tipe orang yang perfeksionis kalau nulis blog, edit sana-sini, sumber sana-sini (semenjak kuliah saya jadi perfeksionis). Padahal dulu waktu SMA nulis blog ya suka-suka, amburadul gak karuan. Hehe. Membuat waktu nulis blog jadi menyita waktu pengerjaan tugas kuliah. Akhirnya saya menjadi blogger fluktuatif. Nulisnya jarang. Sekali nulis panjang. Jarak antar tulisan bisa berbulan-bulan.

Saya pun membuat blog pribadi yang berisi curhatan ringan, puisi, cerita pendek, yang hanya murni tulisan tanpa ada tuntutan perfeksionis di tumblr pribadi saya @mayangdwinta. Urusan tumblr, hampir setiap hari saya update. Hal ini mungkin karena tumblr adalah platform sederhana yang nggak menuntut good appearance seperti blog. Tumblr seperti wider twitter untuk nulis status yang lebih dari 140 karakter, yang nggak muat di twitter.

Saya juga membuat akun wordpress sebagai sarana saya memposting bidang kuliah dan pekerjaan saya, akademik, sains, dan Fisika. Worpress saya ada di Bukubiru.

10. TEMAN-TEMAN BLOGGER YANG SILIH BERGANTI...

Tahun-tahun awal saya ngeblog 2010-2012, saya sudah ikut Kancut Keblenger dan mengenal berbagai manusia keren seperti Kak Vina (founder Kancut Keblenger), Aul Howler (orang sumatera), Herlus Fadhil (vakum), Beby (vakum), Mas Basith Kuncoro (yang menurutku dulu ganteng banget), Bang Capung (yang jadi penulis buku Senior High Stress), Benakribo (orang terkenal), Mbak Mega (yang udah nerbitin buku juga), dan Mas Samandayu (innalillahi wa innailayhi roojiun, yang seminggu kemarin meninggal karena stroke ringan).

Tahun-tahun setelahnya yaitu 2013-2014, saya mengenal teman kuliah Mas Wisnu, Jejak Si Bocah, Surya, dan Anak Pingit.

Tahun berikutnya yaitu 2015, saya mengenal Yoga Akbar dan Deva. Kedua blogger kece tersebut bahkan sekarang domain blognya udah .com, template kece by third party, nulis konsisten, punya nama beken, dan makin bagus karya-karyanya *terharu mendapati waktu terlampau cepat berlalu*. 

Saya tentu bahagia mengenal orang-orang hebat dan berkualitas semacam mereka. Meskipun toh tak bisa bertatap mata dan berjabat tangan, saya bisa membaca kehidupan mereka lewat postingan-postingan blog yang terus bergulir seiring waktu. I do wish they live their life well and passionately, just like their writings.


Selama 6 tahun blogging dan hanya menghasilkan 80 tulisan, mau tidak mau membuat saya merasa gagal jadi blogger konsisten yang rajin menabung postingan. Aaarrgghhh!!!

Tapi apa mau dikata, selalu saja ada alasan untuk menunda-nunda menulis blog sehingga total draft blog mencapai 178 tulisan mentah yang nggak tahu kapan matangnya. Hiks hiks hiks.

Dengan adanya tulisan ini, saya berharap untuk ke depannya saya bisa kembali lagi menulis blog secara berkala. Tidak harus sehari sekali, seminggu atau dua minggu sekali saja sudah baik adanya. Yang penting konsisten!

SEE YAAA!!!



Ditulis berdasarkan kisah nyata seorang blogger yang draft postingnya terlunta-lunta dan sampai lupa dulu mau dikembangkan ke arah mana, yang berjanji akan kembali menulis konsisten.

Ditulis di kamar kos. Surakarta. Sabtu, 17 September 2016. Pukul 21.00 WIB.

Tertanda,
Mayang Dwinta



PS: maafkan daku yang kangen mainan emoticons di postingan, hehe




Image Source:
https://problogstrick.com
https://funnygifsbox.com/the-cute-little-rabbit

16 Comments

  1. Anak lama banget nih tau chat box. :))
    Huwahaha udah kenal si Capung duluan toh. :))
    Eh, emang tau gue pas 2015? Kirain 2014.

    Yosh, semoga bisa kembali rajin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikatain anak lama gapapa, asal bukan anak tua. Kekekek :v

      Aamiin. Makasih, Yog :))

      Delete
  2. walah anak lama nich, aku pernah ngerasain semua itu kawan. sampek ngakak mbaca tulisan mayang. uppss agak aneh mengetik nama sendiri untuk orang lain, omg dari 2008 sampek sekarang 2016 postingan saya juga masih di angka 200an. dari yang gak ada maknanya sampai yang alay sekedar curhat sudah saya lalu i.hihi.. seru lah, semoga kita masih bisa terus tetap menulis

    uli mayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak ulimayang, masih inget kan kalau aku adik kelasnya mbak di smada pare lho :)) hehe.
      makasih ya mbak sudah main kesini :D

      Delete
    2. Jengggg njeeengg njeenggg... SHOCK! Iya kah?? Yang mana? Kok lupa.. wait a minute ... loooadding sing endi to kok lali to aku i?

      Delete
    3. Dulu pas awal kenalan dr blog mbak taunya :D

      Delete
    4. Dulu pas awal kenalan dr blog mbak taunya :D

      Delete
    5. Wew iya kah? Pantaran e sopo dek? Sing tenar angkatan mu sopo? Saiki nak ndi dek? Wey boyak, boso ae yo.. ki melestarikan budaya judule. Wkwkwk... pisan pisan kopdar yuk..

      Delete
    6. Aku lulus dr smada 2012 mbak. Angkatan e siapa ya yg terkenal, hehe. Ayuk mbak kalau aku pulang pare ya 😁

      Delete
    7. Aku lulus dr smada 2012 mbak. Angkatan e siapa ya yg terkenal, hehe. Ayuk mbak kalau aku pulang pare ya 😁

      Delete
  3. Lama kaga kemari..apa kabarnya nih..hahahyy

    ReplyDelete
  4. Oh, ternyata dik mayang sesepuh blogger ya? :v sungkem sik,,,baru ngenal dunia blooger semenjak kuliah, dan sama, Nulis gak konsisten, gak, gak konsisten pake banget :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bukan sesepuh juga mas Lis. Sama dong berarti,wkwk 😂

      Delete
  5. mayaangg aku terharu baca postnya ada nam aku :'(((

    loh loh mayang main tumblr sejak kapan? *langsung folo*

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.