Yang anak 90-an mana suaranyaaa???????????

Siapa yang tidak tahu film Ada Apa Dengan Cinta? Pasti hampir semua orang tahu. Film romansa remaja yang sukses menggebrak dunia perfilman Indonesia di tahun 2002 ini banyak sekali menorehkan sejarah di hati para remaja era 90-an.

Film AADC mengisahkan percintaan remaja SMA yang manis dan penuh suka duka. Cinta (diperankan oleh Dian Sastro), sang pemeran utama wanita adalah seorang gadis SMA yang jago menulis puisi. Rangga (diperankan oleh Nicholas Saputra), cowok dingin dan misterius, berhasil membuat Cinta penasaran karena untuk pertama kalinya ia tidak memenangi lomba puisi karena kalah oleh Rangga (padahal yang mengirim puisi Rangga adalah Mang Diman, bukan atas kehendak Rangga sendiri). Dari situlah mereka mulai berkenalan dan muncul bibit-bibit cinta.

Permasalahan menjadi pelik setelah Cinta dihadapkan pada dua pilihan antara Rangga dan sahabat-sahabatnya. Cinta menyukai Rangga, dan begitu pula sebaliknya Rangga menyukai Cinta. Ketika salah satu sahabat Cinta, Alya, menjadi korban kekisruhan rumah tangga orangtuanya, Cinta yang dihubungi lewat telepon malah berbohong dan memilih berkencan dengan Rangga. 

Kemudian Alya mencoba bunuh diri dengan mengiris pergelangan tangannya. Beruntung, ia masih bisa diselamatkan. Tapi hal itu membuat kehidupan Cinta seolah koyak karena didera perasaan bersalah. Meskipun teman-temannya pada akhirnya memaafkannya, Cinta tetap memilih untuk menjauhi Rangga. Cinta merasa sikapnya berubah terhadap teman-temannya setelah mengenal Rangga, meskipun jauh di lubuk hatinya ia amat menyukai lelaki itu.

Rangga yang merasa kehilangan Cinta kemudian mengajaknya berbicara dan menanyakan mengapa Cinta menjauhinya. Disitu Cinta mengatakan segalanya dan akhirnya mereka memutuskan untuk tidak lagi berhubungan.

Sampai pada titik dimana Rangga harus meninggalkan Indonesia dan pergi keluar negeri bersama ayahnya. Disitulah akhirnya Cinta bercerita kepada para sahabatnya bahwa ia mencintai Rangga. Seketika mereka menyadari bahwa Cinta dan Rangga saling mencintai. Mereka juga menyadari bahwa seharusnya persahabatan dan cinta bisa berjalan beriringan. Mereka pun bergegas mengajak Cinta ke bandara untuk menyusul Rangga.

Saat tiba di bandara, Cinta berhasil menemui Rangga dan berkata yang sejujurnya. Rangga pun demikian. Tapi keadaan tidak dapat dipaksakan. Rangga tetap harus pergi namun ia meninggalkan sebuah buku catatan berisi puisi. Pada halaman terakhir tertulis juga puisi tentang Cinta. Setelah berjanji akan menghubungi, mereka berpisah dan ceritanya TAMAT. Iya, TAMAT...!!!


Film ini juga sempat di tv series-kan dengan pemain yang berbeda yaitu Ririn Dwi Ariyanti dan Revaldo. AADC series ini merupakan versi televisi yang dimulurkan jalan ceritanya dengan beberapa improvisasi disana-sini.


Dan ternyata... film masterpiece yang sukses melambungkan dunia perfilman Indonesia di kancah Asia Tenggara itu tak dinyana bakal keluar sekuelnya 2016 ini. Siapa yang menyangka? Saya kira AADC memang dirancang untuk film sekali tayang saja. Eh, tiba-tiba pada tahun 2014 lalu ada kabar bahwa akan dibuat film keduanya.

Sebenarnya inisiatif Miles Production selaku rumah produksi film ini didasarkan pada antusiasme penonton dan penggemar AADC yang meminta adanya kelanjutan hubungan Cinta dan Rangga pada film AADC tahun 2002. Dan antusiasme itu muncul karena disulut oleh salah satu aplikasi chatting yaitu LINE.

Di bulan November tahun 2014, tiba-tiba ada popup pemberitahuan dari LINE pada para penggunanya bahwa ada kelanjutan kisah Cinta dan Rangga. Karena penasaran, akhirnya saya buka link yang diberikan pihak LINE. Eh, usut punya usut, ternyata itu MINI DRAMA AADC yang memang dibuat seakan melanjutkan cerita dari film AADC.


Di MINI DRAMA AADC itu dikisahkan bahwa Rangga yang pergi ke luar negeri sekian tahun lamanya ternyata tidak jua ada kabarnya. Baru kemudian setelah menemukan buku AKU, karya Syumandjaya, yang menjadi penyambung cinta mereka dulu saat SMA, Rangga teringat akan Cinta dan memutuskan untuk berkunjung ke Indonesia.

Jadi intinya, CINTA DI-PHP SAMA RANGGA. DIGANTUNG. TANPA KABAR.

Demi apa cewek secantik Cinta mau-maunya digantung bertahun-tahun...

Kemudian Rangga membuka layanan "ALUMNI" (salah satu layanan yang disediakan oleh LINE untuk komunitas orang-orang yang satu SMA untuk perantara reuni dan sebagainya). 

NOTE:
Jadi memang sebenarnya MINI DRAMA AADC ini adalah sarana iklan dan promosi LINE untuk layanan terbarunya yaitu " FIND ALUMNI". Biar yang punya kisah cinta masa SMA bisa nyambung lagi, teman lama bisa kontak lagi, dan sebagainya.


Kemudian Rangga menemukan akun LINE Cinta dan mencoba mengirim pesan untuk mengajak bertemu. Cinta yang hidupnya sudah baik-baik saja dan bekerja sebagai editor menjadi bimbang dan galau dibuatnya. Bertahun-tahun menghilang tanpa kabar, tiba-tiba muncul ngajak ketemuan. Dikiranya Cinta cewek macam apa? *eaaa* *kemudian baper* *efek sinetron jaman sekarang*

Sahabat-sahabat Cinta, yang sampai dewasa pun masih sering berkumpul, Carmen, Milly, dan Maura melarang Cinta untuk membalas pesan Rangga. Cinta sempat membalas pesan Rangga namun hanya sekali. Sampai akhirnya Rangga mengirim pesan kalau ia akan kembali ke luar negeri. Cinta semakin gamang dengan pilihannya hingga Alya menyadarkannya dan akhirnya Cinta menemui Rangga tepat saat Rangga akan menuju boarding pass di bandara.

Kemudian drama selesai. Namun ada sedikit kelanjutannya di belakang bahwa akhirnya Cinta dan Rangga LDR-an dan saling berkomunikasi lewat LINE.


Saya akui memang adanya MINI DRAMA AADC versi LINE ini mengobati kerinduan dan rasa penasaran terhadap kisah Cinta dan Rangga. Terutama bagi remaja yang lahir di tahun 90-an seperti saya. Film AADC adalah film Indonesia paling puitis, romantis, dan manis di sepanjang hidup saya. Jadi dengan adanya AADC versi LINE ini sangat membuat saya excited dan melambung pada kenangan dulu. Seminggu setelah promosi LINE ini bahkan film AADC ditayangkan lagi di beberapastasiun televisi. Bener-bener BOOMING lah pokoknya. LINE sampai menyediakan stiker AADC. Dan bermunculanlah komentar-komentar pro dan kontra, meme-meme serta video parodi tentang AADC LINE ini.

Berikut adalah video parodi dari Edhozell yang cukup membuat saya tertawa terbahak-bahak.


Juga ada meme-meme screenshoot dari pesan LINE Rangga ke Cinta yang amat sangat lucu dan kreatif keterlaluan.



Beberapa komentar pro yang muncul di media sosial adalah:

1. MINI DRAMA AADC LINE ini sukses menjadi nostalgia penggemar AADC
2. Permintaan sekuel film yang asli menjadi bermunculan secara drastis
3. Mengobati rasa penasaran penonton film AADC yang merasa ending film aslinya nggantung
4. Intinya, MINI DRAMA ini bikin baper dan membuat penontonnya feeling high

Beberapa komentar kontra yang muncul di media sosial adalah:

1. MINI DRAMA AADC LINE ini merusak citra film AADC aslinya
2. Masak iya Rangga bisa selama itu nggak menghubungi Cinta dan muncul tiba-tiba. Intinya time sequence-nya jadi nggak pas
3. Film AADC yang notabene dulu film masterpiece Indonesia malah jadi sarana komersil iklan aplikasi LINE
4. Intinya, MINI DRAMA ini malah jadi media promosi dan penggemarnya tidak suka akan hal itu

Kalau dari sepemahaman saya sih, sah-sah aja kok keberadaan MINI DRAMA AADC ini. Saya awalnya PRO banget karena saya bisa baper-baperan nostalgia sama film ini. Percaya atau enggak, setelah MINI DRAMA AADC ini rilis, saya langsung nonton film asli AADC 2002 selama berulang-ulang selama seminggu penuh.

Sampai akhirnya ada berita bahwa dengan adanya antusiasme besar masyarakat yang menginginkan sekuel AADC, maka dibuatlah film AADC 2 yang akan tayang April 2016 mendatang. Miles Production menggagas film ini sebagai kelanjutan dari film AADC 2002 yang sebenarnya, dan tentunya, berbeda dengan versi LINE. Namun sayangnya, pemeran Alya yang ada di film AADC 2002 dan MINI DRAMA AADC LINE tidak bisa ikut syuting AADC 2 karena tidak mendapatkan ijin cuti dari perguruan tinggi tempat ia kuliah sekarang. Di penghujung tahun 2015 kemaren teaser trailer dan diary pembuatan film ini mulai dirilis di youtube.


Daaan... tentu saja bermunculan lagi komentar PRO dan KONTRA dari penontonnya. Beberapa komentar PRO muncul dari remaja generasi 90-an yang memang menantikan kelanjutan kisah cinta romantis ini. Mereka tidak peduli seperti apa teasernya atau filmnya nanti, mereka akan tetap menonton. Dan saya jelas termasuk dalam penonton jenis ini. Dan komentar KONTRA jelas datang dari penonton yang mindset-nya terjebak dengan MINI DRAMA AADC versi LINE. 

Berikut adalah beberapa screenshoot komentar yang muncul saat menanggapi teaser trailer film AADC 2.

KOMENTAR-KOMENTAR PRO:

Ada yang meminta agar kita tidak terpaku pada versi LINE, ada yang memperjuangkan nostalgia sama remajanya jadi apapun dan bagaimanapun filmnya akan tetap suka dan nonton, ada yang membela bahwa dandanan aktor dan artisnya dibuat semuda mungkin, tidak berlebihan seperti pada versi LINE dan sebagainya.






KOMENTAR-KOMENTAR KONTRA:

Sebagian besar komentar kontra adalah akibat pikiran dan ekspektasi mereka sudah terpaut pada versi LINE. Sehingga mengatakan bahwa teaser trailer dan bakal film AADC 2 ini kurang greget dan bahkan ada yang mengomentari penampilan pemainnya.



KOMENTAR-KOMENTAR NETRAL:

Ada juga yang mengomentari isi teasernya, puisinya, mengomentari komentar lain yang pro kontra, dan sebagainya.




Yah, kalau pendapat saya pribadi, sebagai penggemar setia film AADC, saya tetap PRO dengan kehadiran teaser trailer ini. Saya menunggu lamaaa untuk nonton film kedua ini, jadi opini apapun tentang teaser nya saya tak peduli.

Jika ada yang komentar bahwa sudah terjebak dengan versi LINE, saya bahkan dari jaman AADC dibuat tv series-nya sudah tidak suka. Saya menyukai versi LINE, tapi bukan untuk patokan film keduanya. Dan saya yakin film keduanya akan tetap dan lebih dramatis dalam melanjutkan kisah Cinta dan Rangga.

Dan kemarin tanggal 9 Maret 2016 pukul 12.00, muncullah official trailer yang sudah saya nantikan kedatangannya. Menurut saya trailer-nya memang agak lempeng, tapi tentu saja itu tak menyurutkan niat untuk menonton film ini. Mungkin sengaja dibuat begitu agar tidak ada spoiler yang muncul dan kesan natural filmnya tetap terjaga. Aaaaaaaa... Can't wait for April!!!




Dari rilisnya trailer ini di youtube, muncul lagi berbagai komentar PRO dan KONTRA dari netizen. Bahkan ada yang kembali membandingkan dengan versi LINE. Ah lagi-lagi... tapi memang komentar adalah hak segala bangsa. Jadi ya wajar-wajar saja. Meski begitu, komentar PRO yang datang dari penikmat film dan generasi 90-an tentu saja positif semua dan tidak sabar menunggu munculnya film ini. Hmm... versi LINE itu semata untuk iklan, jadi ya biarkan saja menjadi iklan. Sementara film AADC 2 ini menjadi kelanjutan film AADC 1. Jadi ya... pasti berbeda. Jangan dibanding-bandingkan, ya.

KOMENTAR-KOMENTAR PRO:





KOMENTAR-KOMENTAR KONTRA:



KOMENTAR-KOMENTAR NETRAL:




Sekali lagi, memang penonton bisa dan sah-sah saja berkomentar apapun tentang bakal tayangnya film ini. Tapi sekali lagi, jangan langsung judge film ini sebelum nonton. Jangan menilai film hanya dari trailer-nya!

Jadi, biarkan saja walau trailer-nya terkesan nggantung dan datar. Sama seperti storyline di akhir filmnya dulu. Kita sudah cukup lama merindukan film ini, jadi bagaimanapun juga jika kalian mengaku penggemar film AADC, jangan lewatkan untuk nonton film ini April 2016 mendatang!

Apakah Cinta akan mendapatkan jawaban yang selama ini ia cari? Apakah Cinta mendapatkan kebahagiaan setimpal atas penantiannya di ratusan purnama? Apakah Cinta dan Rangga pada akhirnya akan bersatu?

Kita  tunggu saja filmya!

*btw, ending trailernya bikin nyesek*

"Saya cinta kamu..."
"Saya juga cinta kamu mas Nicholas Saputra..."

*baper* *sekian*






Image Source:
www.indoberita.com
www.nadyaquamilla.blogspot.com
www.youtube.com
www.teknologi.com
www.makintau.com
www.tekno.kompas.com
www.youthmanual.com

4 Comments

  1. Jadi ikutan baper juga liat trailer nya.
    sejujurnya sih gue biasa aja, nggak terlalu ngefans dengan film ini. Tapi boomingnya film ini bkin penasaran, jadi tertarik juga nanti nonton filmya.

    masalah banyak orang terjebak versi nya line. Termasuk kiwi juga nih. Heheh.. nggak salah kok. Emang line bikinnya dengan shot yg apik,beneran keren. Wajar kalo bikin baper orang. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya malah ngga terlalu suka versi LINE nya lho. ngga natural. hehe :D

      berhubung saya anak generasi 90-an, saya harus nonton film ini :D

      Delete
  2. Ane cuma tertarik sama iklan aq*a aja.. Banyol banget XD

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.