Lagu-lagu yang Bisa Menendang Hati Kita Sampai ke Dengkul


Pernah nggak sih kalian dengerin lagu yang bisa membuat hati kalian tertohok dan akhirnya galau?

Lagu memang moodboster terbesar manusia. Ada riset yang sampai membuktikan bahwa perasaan manusia bisa ditentukan atau diubah lewat sebuah lagu. Genre yang mencak-mencak ala rocker bisa membuat kita semangat. Dan sebaliknya genre yang soft dan mellow bisa membuat kita sedih.

Makanya ajang main karaoke dan nyanyi di kamar mandi atau kamar sendiri sering menjadi alternatif pelepasan emosi atau kelelahan seseorang. Teriak-teriak nyanyi lagu rancak dan yang kita sukai akan membuat suasana hati kita lebih nyaman.

Dari sekian banyak lagu, ada beberapa lagu yang nada, musik maupun liriknya bisa menendang hati kita sampai ke dengkul. Lagu yang bikin kita merasa nyesek dan kadang hingga menangis karena nadanya sedih, musiknya mellow, dan liriknya itu...PAS! Pas sama keadaan kita yang lagi galau, ada masalah dan sebagainya. Hingga saat mendengarkan lagu tersebut bisa membuat kita merasa sedih. Kira-kira lagu apa aja sih?

1. KEN HIRAI ~ BOKU WA KIMI NI KOI WO SURU


Yang pernah nonton film Boku no Hatsukoi o Kimi ni Sasagu (I Give my First Love to You), film dorama Jepang tahun 2009 pasti tahu lagu ini. Lagu ini diputer jadi ending theme film. Segaris dengan filmnya yang cukup tragis, lagu ini bener-bener didesain buat menggambarkan perasaan karakter cowok terhadap karakter ceweknya (yang pada film si cowok akhirnya meninggal dunia).

Dari segi lirik, musik dan nada, semuanya terasa dramatis dan sedih sehingga membuat kita yang mendengarkan galau mendadak dan teringat mantan (#lho). Tapi dari ketiga aspek, yang paling menonjol adalah liriknya. Coba deh lihat videonya berikut ini. Yang ngerti bahasa Jepang pasti tahu arti liriknya. Yang belum ngerti, coba buka link ini. Di samping lirik romaji-nya, ada english translationnya buat mempermudah: Ken Hirai - Boku Wa Kimi Ni Koi Wo Suru (Romaji and English).



2. ANDY LAU ~ WU


Film Shaolin yang keluar tahun 2011 dan sukses dimana-mana menyisakan ending yang memilukan. Lagu sebagai pengantar akhir cerita tersebut juga termasuk lagu yang terhitung nyesek. Dari segi musik dan latar film yang sedemikian rupa bisa membuat kita yang mendengarkan merasa sedih. Liriknya memang bukan tentang cinta-cinta, namun lebih pada kodrat kita sebagai manusia untuk dekat dengan Tuhan, menjauhi perang dan hidup dalam kedamaian. Liriknya yang udah english translation bisa dilihat disini: Andy Lau - Wu (Enlightmen/Awakening). Yang belum tahu lagunya bisa dilihat di video berikut, video ini merangkap ending film. Jadi yang belum nonton, sedikit tahu akan lihat bagaimana endingnya.



3. SHAAN ~ BEHTI HAWA SA THA WOH


3 Idiots jadi film Bollywood yang cukup menggebrak dunia dan sukses. Kalau kamu pernah nonton, pasti tahu lagu openingnya yang perkenalan nama pemain. Mengisahkan tentang persahabatan kental antara 3 laki-laki di sebuah universitas, yang akhirnya salah satu di antara mereka lenyap dan menghilang, kemudian 2 yang lain berusaha menemukannya. Lirik dari dari lagu ini pun luar biasa dalam maknanya. Dengan aransemen dari Shantanu Moitra (yang merupakan pakar begituan di India), lagunya jadi makin ngena di hati. Bener-bener bikin kangen teman atau sahabat masa lalu kita. Cek liriknya: Shaan - Behti Hawa Sa Ta Woh



4. SHAYNE WARD ~ BREATHLESS


"You leave me breathless..."

Breath = Nafas. Less = Kurang. Jadi intinya lagu ini nyeritain tentang orang yang sesak nafas. Hahaha. Bukaaan kok. Ini nyeritain tentang seseorang yang sangat mencintai kekasihnya. Kalau kamu dengerin nada dan memahami liriknya, pasti ngerti kenapa lagu ini bikin nyesekkk. Intinya ya si cowok tadi nggak mau ditinggal pasangannya. Bahkan untuk ukuran orang yang lagi jomblo, lagu ini bisa bikin banjir air mata kalau timingnya emang lagi tepat buat bergalau-galau ria.


 5. A GREAT BIG WORLD ft. CHRISTINA AGUILERA ~ SAY SOMETHING


Siapa yang nggak tahu lagu ini? Well, lagu yang booming di tahun 2013-2014 ini seriiing buanget dijadiin backsound ngenes buat video lucu-lucuan di Youtube dan Facebook. Dikit-dikit lagunya, "Say something...". Gitu. Lagu ini emang pas banget sih dinikmatin pas ujan-ujan sore hari, ditambah telur mata sapi dan irisan cabe. *eh* Lagu "Say Something" ini dinyanyikan oleh band duo personal A Great Big World featuring dengan Christina Aguilera. Tapi nggak jelas disitu Christina jadi lawan duetnya. Soalnya suaranya cuma muncul dikit-dikit kayak suara angin.


6. THE SCRIPT ~ THE MAN WHO CAN'T BE MOVED


Lagu ini pas banget buat yang lagi mengenang mantan. Terkenal (di Indonesia) bersamaan dengan kemunculan akun twitter @poconggg yang dimiliki sama bang Arif Muhammad yang lalu diplesetkan menjadi The Conggg Who Can't Be Moved. Lagu ini emang diperuntukkan bagi barisan para mantan yang susaaah move on. Yang hatinya masih ketinggalan di peron stasiun padahal yang punya udah di dalem kereta.


 7. BRUNO MARS ~ TALKING TO THE MOON


Kalau ini, lagu yang menohok hati para LDR-ers. Dari judulnya aja udah kelihatan kan, "ngomong sama bulan". Sebenarnya lagu ini 11-12 sama istilah "ngomong sama tembok". Bulan dan tembok sama-sama nggak bisa ngomong. Benda mati. Kalau bisa ngomong mungkin bakalan lebih pahit keadaannya. Misalnya: "Eh, pacar kamu disana selingkuh.", gitu. Bagi para pelakon hubungan jarak jauh, lagu Bruno Mars yang satu ini mewakili perasaan para LDR yang sedang merindukan kekasihnya nun jauh disana. Entah disananya sama siapa...

 Galau... Galau... Galau...


8. PETERPAN ~ SEMUA TENTANG KITA


"Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita..."

 Hayooo... Siapa yang nggak pernah galau kalau denger lagu ini? Suara Ariel yang khas itu, ditambah petikan gitar yang bikin luruh pertahanan jiwa-jiwa yang hampa, akan membuat siapa saja mendadak inget mantan. Entah mantan pacar, mantan sahabat, mantan kucing, mantan supir, dan mantan-mantan jenis lainnya yang pernah mengisi hidup kalian. *kalian luar biasaaa*


9. SHEILA ON 7 ~ BERHENTI BERHARAP


Kalau yang ini, lagu waktu kalian kalah perang. Kalah perang sama orangtua pacar (buat dapet restu misalnya), kalah saat main futsal, kalah saat olimpiade matematika, kalah dari teman buat dapetin hati gebetan, atau... ditolak sama gebetan. Iya, DITOLAK SAMA GEBETAN.

 "Aku pulaaang... Tanpa dendaaam... Kuterima kekalahankuuu..."


Nah, kurang lebih itu sih 9 lagu yang bisa membuat hati kita melorot ke dengkul. Memang nggak setiap orang bisa galau dengan hanya mendengarkan salah satu dari 9 lagu itu. Namun, percayalah. Dengan timing yang pas dan keadaan yang tepat sekali, bisa jadi salah satu atau salah dua dari lagu-lagu ini dapat mewakili isi hati anda.

See ya!
 
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

3 Comments:

  1. Gue sering denger 7,8,9 doang. 1-6 nggak tau. Berhenti Berharap emang nyes banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyesss berasa ditimpuk es sekilo sama mantan calon gebetan :p

      Delete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.