Nyeeesss... Jangan mikir aneh-aneh dulu ya kalau cuma baca judulnya.

Hahaha...  

Sebagai manusia yang punya indra penciuman = hidung, tentu saja kita nggak lepas dari sesuatu yang dinamakan bau. Bau disini bukan konotasi aja ya, semua hal yang dapat kita cium atau hirup aromanya dinamakan bau. Jadi bau nggak cuma mengindikasikan sesuatu yang nggak enak. Hidung yang sehat mau nggak mau harus menghirup banyak sekali macam aroma yang ada di sekitarnya. Ini berlaku buat semua hidung, baik yang mancung ke luar ataupun mancung ke dalam (a.ka pesek).

Meskipun hidung punya bulu-bulu halus yang ampuh buat nyaring debu dan kotoran yang terkandung dalam komposisi udara, bau yang menyertainya akan ikut merasuk sehingga kita bisa mendefinisikan bau yang enak dan bau yang nggak enak. Seringkali bau juga disebut sebagai aroma. Misalnya saja saat kita membaui seduhan kopi panas, itu berarti kita sedang mencium aroma kopi. Dari situ jika kita menyukai bau atau aroma yang ditimbulkan oleh si kopi, maka kita juga akan mempunyai keinginan untuk meminumnya. Hal inilah yang dinamakan selera.

Terus, apa aja sih yang termasuk kategori "Aroma Pembangkit Selera"? Mau tau?

Yuk lanjut baca! 


Sebelum kita mengulas apa aja macam-macam aroma yang bisa membangkitkan selera manusia, perlu kamu tau dulu mekanisme/cara kerja hidung kita dalam membaui dan membedakan sejuta macam bau yang ada di dunia.

Indra penciuman kita sudah berfungsi sangat kuat saat kita masih bayi, karena kita dapat membedakan bau yang dimiliki oleh ibu kita dibandingkan dengan orang lain. Oleh karena itu sering kita ketahui saat bayi menangis dan meminta ditimang, bila bukan ibunya sendiri yang menimang dia nggak mau. Karena indra penciumannya telah "mencatat" bagaimana karakterisik bau khas ibunya sejak saat ia dilahirkan ke dunia. Seiring dengan berjalannya waktu, katanya sih kemampuan pengindraan bau kita akan semakin berkurang. Kita bisa menemukan aroma paten lagi saat udah nemu pasangan hidup. Kayak waktu pas masih bayi, mindset-nya hidung kita juga bakal ke-setting sama bau khas pasangan kita. Tapi itu sih katanyaaa. Bener apa enggak, buktiin sendiri aja entar kalau udah nemu pasangan. So, ini nggak berlaku buat para jones alias jomblo ngenes (kayak yang nulis enggak aja). Hahaha.

Nah, picture below nunjukkin bagian-bagian dari hidung kita.



Ada yang dinamakan nostril. Nostril ini tempat tumbuhnya bulu-bulu halus di hidung yang sering kalian cabuti kalau nambah panjang. Pada nostril juga ada bagian yang disebut mucus membrane yang berfungsi untuk mensekresi lendir lengket sebagai filter udara saat kita bernafas. Hingga kotoran yang terperangkap tadi numpuk...numpuk...dan numpuk lagi menjadi bongkahan yang disebut upil. Nyahaha. Jangan ilfeel! Ini ilmiah lho, bukan ngomong jorok. Ngupil juga merupakan kebutuhan manusia. So, nggak ada salahnya kan kalau kita ngomongin ngupil.

Then, ada yang disebut nasal cavity atau rongga hidung. Rongga hidung berfungsi sebagai saluran yang mengalirkan udara dari luar ke ke dalam menuju tenggorokan kemudian paru-paru. Rongga hidung ini dipisahkan dari langit-langit mulut kita oleh selaput yang disebut palate. Palate ini ada yang hard dan ada juga yang soft. Keduanya terbentuk dari tulang rawan. Rongga hidung juga berfungsi untuk menentukan bentuk, struktur dan tekstur dari hidung kita secara permukaan. Jadi, mancung tidaknya hidung kita ditentukan oleh si nasal cavity ini. Baik yang mancung ataupun yang nggak mancung, semuanya berhak membaui zat-zat yang ada di sekitarnya karena keduanya berhak pula untuk bernafas. Malahan, yang pesek itu bisa lebih hemat oksigen daripada yang mancung. Jadi jangan minder, putus asa ataupun sampai pengen bunuh diri karena hidung anda rata. Orang pesek itu kalau flu cepat sembuhnya karena tandon lendirnya lebih kecil (apa iya ya?). 

Benda atau sesuatu atau zat yang bisa mengeluarkan bau itu berarti mampu melepaskan molekul-molekulnya ke udara disebabkan oleh faktor tertentu. Misalnya saja got atau selokan yang kering. Saat selokan itu kering, kita tidak mencium apapun. Namun saat terguyur air hujan maka akan timbul bau yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan molekul air tadi mengikat kandungan tanah atau kotoran yang mengendap dan kering di selokan sehingga tercipta senyawa yang dilepas ke udara dan menimbulkan bau yang lembab dan tidak enak.

Saat zat melepaskan senyawa bau tadi, indra penciuman kita akan mendeteksinya dengan akurat dan cepat. Senyawa yang ikut terbawa pada udara di sekitarnya tadi masuk ke hidung kita, mengenai bagian nasal cavity yang disitu banyak sekali smell receptors yang peka terhadap rangsangan bau. Dari situ, bau yang tertangkap akan dikirim dalam bentuk sinyal kepada olfactory bulb melalui saraf olfaktori. Bagian inilah yang akan menyalurkan sinyal terusan ke otak untuk kemudian diolah sebagai definisi bau. Definisi bau ini akan diarsipkan di otak sehingga saat tercium lagi, otak langsung mengirim sinyal balikan pada hidung.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa membedakan banyak banget bau yang ada di sekitar kita, May?

Banyak scientist yang telah berpendapat kalau masing-masing bau yang pernah masuk pada indra penciuman kita telah dikodekan dengan gen. Setiap gen sesuia dengan bau tertentu. Itulah yang membuat tiap bau bisa diarsipkan secara berbeda-beda oleh otak Karena neuron reseptor pada indra penciuman kita banyak banget jumlahnya, maka kita bisa membedakan ribuan macam bau di dunia. Hmmm...It is really a perfect little thing that God made for us, our nose

Lalu soal bagaimana aroma bisa membangkitkan selera kita jika menurut Brainfact aroma dan rasa memiliki hubungan yang sangat erat. Saat kita membaui suatu makanan, maka secara langsung reseptor pada indra pengecap kita juga akan mendeteksi dan menerka bagaimana rasa makanan tersebut. Sehingga saat membaui makanan yang sedap, maka secara langsung kita akan mempunyai keinginan untuk mencoba dan merasakan makanan tersebut. Based on smell and taste.

Nah, teruuus masuk ke topik utama yaitu, aroma-aroma apa aja sih yang masuk dalam kategori sebagai pembangkit selera? Hmmm... Ini diaaa...

1. KOPI


Ulalaaa...Peringkat nomor satu diduduki oleh kopi. Kopi merupakan minuman yang diracik dari biji tumbuhan kopi yang dihaluskan, yang sebelumnya udah dibakar atau dimatangkan dulu pada suhu tertentu. Kopi memiliki aroma yang sangat kuat, terlebih lagi jika freshly grinded dan langsung diseduh dengan air mendidih. Basicnya aku sendiri bukan pecinta kopi, tapiii... kalau disuruh nyeduhin kopi atau bikin kopi, suka bangeeet. Nggak tahu kenapa aromanya itu bisa membangkitkan semangat, terlebih kalau pagi hari. Meski bukan penggemar gila kopi, tapi aku suka beberapa varian kopi yang beredar di pasaran. Seperti yang kita tahu, kopi sekarang udah nggak berupa minuman elit lagi. Bagi yang lambungnya punya masalah namun ingin tetap menikmati kopi pun bisa memilih white kopi yang baru-baru beberapa tahun ini booming di pasaran. Atau kopi yang diberi creamer maupun susu. Semua tergantung selera. Ada juga varian kopi yang dingin, atau latte yang diberi hiasan macam-macam bentuk dan tulisan lewat foam-nya.

Kopi punya kandungan yang disebut kafein yang bisa membuat kita terjaga dari rasa kantuk. Tapi, anggapan orang-orang tentang kopi yang bisa langsung membuat kita betah lembur itu salah. Kafein bisa bekerja dengan baik kalau setelah minum kopi, kita tidur dulu barang sejam atau dua jam. Setelah itu baru bangun dan bekerja untuk lembur. Awas juga, jangan menggunakan kopi sebagai dopping, karena kopi memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi (apalagi yang hitam) sehingga bisa membuat lambung kita bermasalah.

Kopi terbaik yang aromanya pernah aku rasain adalah kopi dari Flores berjenis Arabica yang pernah dibawain temanku dari NTT. It has strong taste but so good. Kalau sehari-hari aku lebih suka varian kopi yang ada creamer-nya macam nescafe atau good day. Saking membangkitkan seleranya si kopi ini, sampai-sampai dibikin buku kumpulan cerita tentang kopi di Chicken Soup for Coffe Lover. Bukunya bagus dan kebetulan aku punya. Ada quote yang menyebutkan bahwa, "To create a big day, start your morning with a small cup of coffe."

2. TEH


Nomor dua, ada teh. Bagi yang anti terhadap kopi, teh sering jadi alternatif. Teh bukan dibuat dari biji tanaman melainkan daun. Teh pun memiliki aroma yang kuat, nggak kalah dari kopi. Teh juga memiliki kandungan kafein namun cuma sedikit. Jadi lebih bersahabat dengan lambung kita. Aroma teh terkuat yang bisa membangkitkan selera, yang menurut aku paling kuat, ada pada jenis teh yang berbentuk seduhan, bukan celup. Teh seduhan yang recommended buat dicoba karena rasanya yang cetarrr dan aromanya kuat adalah merk 999 produksi Pekalongan.

Di Indonesia teh adalah minuman merakyat semua umur dan semua kalangan. Dari warung pinggir jalan hingga restoran, teh disediakan dalam varian dan bentuk yang bermacam-macam. Bisa pake es batu maupun dihidangkan panas. Makin kesini, para produsennya pun makin menjadi-jadi idenya. Teh diproduksi dalam berbagai varian rasa aditif seperti rasa honey, stroberi, apel, jeruk, chamomile, vanilla dan lain sebagainya. Teh yang diproduksi pun nggak berhenti cuma pada teh hitam aja, ada teh hijau, teh oolong dan beberapa yang lainnya. Saking tenarnya aroma dan rasa teh, sampai-sampai di Indonesia teh ini diproduksi besar-besaran dalam bentuk instan menggunakan botol sekali pakai oleh banyak sekali merk. Dari yang murah macam Teh Pucuk Harum yang pake brand ambassador ulet ijooo, hingga yang lebih mahalan dikit seperti MyTea dan FresTea.

Di Indonesia saking merakyatnya, teh diminum kapan aja dan dimana aja. Terutama setelah makan. padahal riset membuktikan bahwa minum teh setelah makan berat nggak baik buat kesehatan karena bisa mengendapkan makanan tersebut di tubuh kita yang membuat kita susah buang air besar. Kalau di Jepang nih ada tradisi minum teh yang dinamakan chanoyu. Pertama teh diseduh, lalu dihirup aromanya tiga kali dan diminum. Sedangkan di Inggris dan berbagai negara Eropa lainnya, ada waktu minum teh tersendiri yang dinamakan "tea time", terpisah dari makan berat. Well, kalau diterapkan di Indonesia menurutku nggak bisa juga ya. Kalau udah haus ya langsung tenggak aja, kelamaan kalau pake ritual atau jam tertentu. Hehehe.

3. LEMON


Lemon memiliki aroma segar dan khas yang bisa membuat indra penciuman kita seketika "terangsang" masuk dalam suasana tetumbuhan segar di padang rumput. Dari aroma yang sangat menarik selera itu, makanya lemon banyak dieksploitasi pada produk makanan, minuman, kecantikan dan lain-lain. Banyak banget kan di pasaran kita nemu sabun aroma lemon, lemongrass dan sebagainya. Itu karena lemon memiliki sensasi aroma yang luar biasaaa...

Selain itu, lemon juga merupakan buah yang mengandung banyak sekali manfaat. Bisa terlihat pada kegunaannya sebagai bahan pengempuk daging (ada istilah marinade), penggumpal dan pemberi rasa asam pada makanan atau minuman. Banyak banget orang yang menggemari aroma lemon ini. Karena memiliki kemampuan membangkitkan selera maupun semangat pada orang yang mencium aromanya. Hmmm...

4. PEPPERMINT


Siapa yang nggak kenal aroma peppermint. Kalau nggak pernah kenal sama aroma peppermint berarti nggak pernah melakukan kegiatan: SIKAT GIGI. Peppermint menimbulkan aroma segar dan fresh yang bisa membuat kita merasakan sensasi dingiiin dan menyegarkaaan (bukan slogan iklan permen Fr*zz). Peppermint banyak digunaka n pada industri pasta gigi, makanan, minuman dan beberapa industri pembersih lantai dan obat. Aroma yang ditimbulkan bisa menarik perhatian dan selera kita karena cenderung membuat pikiran fresh. Makanya produk permen yang memiliki rasa semriwing banyak jadi idole masyarakat. Seperti permen fr*zz tadi, double m*nt, mentos, fox dan permen rasa mint yang iklannya NGGAK PENTING banget yaitu permen m*ntz. 

Peppermint juga menjadi rasa ampuh bagi industri obat, terutama obat maag yang membutuhkan sensasi rasa dingin untuk lambung. Pasta gigi juga merupakan industri yang menggunakan peppermint untuk diekstrak secara besar-besaran karena pasta gigi membutuhkan aroma dan sensai yang segar saat dikonsumsi dan nggak ada tanaman lain yang memiliki aroma setepat peppermint. 

5. SERAI dan  KETUMBAR


Yang pernah mainan ataupun iseng-iseng di dapur, atau paling gampangnya yang pernah makan soto, pasti ngerti dua bumbu ini. Serai sama ketumbar adalah bumbu wajib dapur yang digunakan sebagai penyedap aroma pada banyak masakan. Sebenarnya semua bumbu dapur memiliki aroma yang khas sih, masing-masingnya. But, yang sering dipakai untuk menambah aroma gurih dan sedap adalah kedua bumbu ini. Dari masakan berbahan dasar daging sapi, daging ayam, seafood, ikan laut, ikan sungai, semua harus diungkep pakai ini biar saat dimasak di proses berikutnya tambah sadaaap.

Masakan seperti soto, gulai, dan masakan-masakan bersantan lain pasti pakai kedua bumbu ini. Tempe mendoan yang bisa bikin gurih dan sedap juga aroma yang ditimbulkan ketumbar ini. Karena aromanya yang aduhai, masakan yang mengandung kedua bumbu ini pasti bisa bikin laper perut sekaligus mata. Bener-bener pembangkit selera pokoknya.

Well done, ada 5 jenis aroma yang bisa membangkitkan selera (versiku). Dari kopi, teh, lemon, peppermint serta ketumbar + serai. Dari macam-macamnya, aroma tersebut adalah aroma yang kuat atau bisa membangkitkan selera untuk makan atau minum. Dari kelima jenis tersebut, ada nggak sih yang jadi aroma favorit kalian? Atau selain kelima jenis di atas menurut kalian apa aroma yang bisa membangkitkan selera?










Big thanks for the references from:
http://fachrisuryari.wordpress.com/2013/03/07/cara-kerja-hidung-manusia/
http://www.biologi-sel.com/2013/06/cara-kerja-hidung-mencium-bau.html
http://www.brainfacts.org/sensing-thinking-behaving/senses-and-perception/articles/2012/taste-and-smell/
http://www.scientificamerican.com/article/experts-how-does-sight-smell-affect-taste/

Pics taken from:
http://mayamla.blogspot.com/
http://catmoji.com/
http://www.teamajesty.com/
http://www.life-recharged.com/

4 Comments

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.