How to Insert Emoticon in Your Blogpost

Hoooplaaa...

Seperti janjiku yang kemaren, kali ini aku mau ngasih tutorial singkat tentang cara masang emoticon di postingan blog kita. Udah pada tau kaaan, kalau new interface atau editor blogger yang baru itu nggak bisa langsung buat kita untuk nyisipin emoticon ke dalam suatu postingan.

Kalian-kalian yang demen make emoticon untuk menghiasi postingan di blog, tentu aja bingung menghadapi hal ini dong, ya. Termasuk aku. Well, abis nyari-nyari artikel tutorial tentang hal ini. Ternyata nggak ada satu pun yang nyantol di hati! Pasalnya, semua yang aku temuin merujuk ke editor blogger yang lama. *ya emang sih, postingan tutorial itu semua juga udah dari taun 2009-an*

Dan ternyata, emang editor blogger yang baru nggak bisa dibikin kayak gitu. So, aku emang udah nggak bisa lagi make clickable emoticons buat postingan saat proses penulisan berlangsung.

Dari hasil googling (lagi) sana-sini, cara laen buat menghadapi hal tersebut adalah dengan belibet cara. Ada yang harus donlot dulu emo-emo tersebut, lalu di aplud ke photobucket (atau jejaring penyedia jasa gambar yang lain). Kan ntar disitu muncul URL gambar-nya, baru deh diinput ke postingan.

Tapi dari hasil utek-utek juga, aku menyimpulkan cara yang lebih simple. Pengen tau caranya? Click eat more kiwi here!!!

1. CARI DULU WEB PENYEDIA EMOTICONS GRATIS

Misalnya kalau aku, pakenya laymarks. Bisa langsung dicek sekalian penampakannya seperti apa. Di web tersebut disediakan beberapa kategori emoticons. Ada monyet, bunny, ataupun bentuk onion. Tinggal pilih deh yang mana.
ini contoh yang onion
2. PILIH DAN SOROT EMOTICON YANG KAMU PENGEN

Sorot emoticon yang kamu pilih. Pake kursor ya, jangan pake jari! Kalau pake jari ya sama aja bo'ong, nyahahaha... Kalau udah milih, klik kanan mouse kamu sampe muncul gambar kayak di bawah ini. Trus klik pilihan "copy image URL".


3. MELUNCUR KE BLOG KAMU YUK

Kalau udah melakukan step di atas, langsung cekidot ke blog pribadi kamu ya. Masuk ke POST dan klik "new post"  buat yang baru bikin atau langsung ke postingan yang ingin ditambahin emoticon buat yang udah nulis. Nah, pada penulisan new post selalu ada pilihan COMPOSE dan HTML secara bersisian. Untuk meng-input emoticon yang URL-nya udah kamu copy tadi, kamu mesti klik bagian HTML-nya.


Kalau udah, tulis kode di bawah ini.


Bagian URL-emoticon diganti sama URL emoticon yang udah kamu copy dari web laymarks tadi. Jadinya nanti akan seperti ini nih.


Udah kan? Abis itu coba deh kamu klik balik tombol COMPOSE yang ada di samping HTML tadi. Dan...
VOILAAA...!!! Nongol deh emoticon yang tadi kamu pengenin.


Anyway, simple kan??? Kamu bisa pasang berpuluh-puluh emoticon sesuai sama kebutuhan kamu. So, buat kamu yang bingung kenapa editor baru nggak bisa pasang emoticon clickable, sekarang nggak perlu khawatir lagi. Dulu kan, emoticon clickable itu cuma bisa diterapkan dengan memakai browser mozilla firefox saja, pake install greasemonkey dan segala macem. Tapi buat cara yang ini, NO WORRY kok! Nggak usah pake install-installan exception dan embel-embel kayak greasemonkey lah. Cara ini juga bisa dipake di browser mana aja. Google chrome, Opera dan lain sebagainya. Meskipun agak ribet harus copas kode sedikit yang ada di atas, but ini cara yang paling mudah kalau kamu mau bertahan buat nyisipin emoticon ke postingan kamu supaya postingan kamu terasa lebih HEBRIIING...!!!

OK, makasih udah ngikutin. Semoga bermanfaat buat orang-orang yang tersesat dan orang-orang yang gila pake emoticon!
See ya... 
Share on Google Plus

About Mayang Dwinta Trisniarti

A half happy go lucky girl and half human who tends to enjoy life in peace. A cat and seafood lover. A bookworm and music enthusiast. Currently working on Mars Project to escape from the planet earth. If you were aliens, maybe we could be bonding perfectly. Ciao!

1 Comments:

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.