Hallooo... ::67::

Maksud dari judul posting yang serba seribu itu, bukan aku mau promosi sesuatu atau jualan sesuatu disini. Tapi itu merupakan singkatan dari "SERBA-SERBI KIWIBIRU".

Hari ini tepat satu setengah tahun aku jalan-jalan di dunia blogging. Aku buat blog ini, tanggal 25 Juni 2010 dan sekarang tanggal 25 Desember 2011. Rasanya baru kemaren punya blog, baru kemaren posting pertama. Jadi inget pas dulu belum punya followers, belum kenal blogwalking, belum kenal cowok... #uups ::79::

Foto pas random -___-

Berhubung mau akhir tahun juga, rasanya nggak afdol deh kalau nggak ada review atau flashback tentang serba-serbi blog ini. Dari awal daftar di Blogger, dari jadi newbie sampe sekarang (masih tetep newbie).

*bakar dupa* ::10::

ALERT...!!!
*ati-ati kalau mau nerusin baca, jangan lupa basmalah dulu*
*postingannya panjang*
*good luck*

1. ID BLOG

Awal sign up sampe Oktober 2011 kemaren, ID/nickname blog ini bernama Kiwifruit. Dan sekarang menjadi Mamay Chan. Nggak tau deh kenapa pengen ganti jadi ID itu.

*bawaan labil. gampang bosen* ::100::

2. TEMPLATE

Awaaaal banget masuk dunia blogging, aku langsung make template pembawaan dari blogger yaitu dengan fitur "Template Designer". Setelah masuk template, aku pilih yang Picture Window dan background gambarnya nature dari konradlew (yang gambar daun-daun gitu).

Sampai bulan November 2010, akhirnya aku bosen sama template blog ku yang terkesan kayak hutan *abisnya monoton ijo-ijo sih*. Iseng cari di google tentang template blog. Ternyata nemuin kalau ada free template buat blog yang udah sepaket sama pengaturannya. Setelah fix browsing berjam-jam akhirnya aku memutuskan untuk memakai template yang serba "notebook".

Yang pertama ini, nama template-nya tuh "Sheep Love Story".


Yang kedua ini "SPLASH! Spring love".


Dan ini yang ketiga, yang aku pake sampai bulan Agustus 2011
Namanya "Agenda".


Bagus emang pake template beginian, lucu. Kayak masih jaman-jamannya Friendster dulu. Soalnya selain template yang beginian, banyak juga template yang menggunakan gambar idolanya mulai Naruto sampai Twilight. Pokoknya tinggal download, import template, beres deh.

Tapi ternyata, menggunakan template bawaan seperti itu, membuat blog kita terkesan statis dan nggak bisa diganti-ganti HTML-nya ataupun header dan menu blog-nya (pasti cuma home, post rss dll). Delapan bulan menggunakan template itu, aku mulai didera kebosanan.
*backsound Rio Febrian-Jenuh* ::30::

Akhirnya aku mencari template lain yang akhirnya kutemukan dengan read more otomatis berbentuk kupu-kupu. Dan keluarlah posting ini pada bulan Agustus lalu sebagai MY FIRST POST IN 2011.

(Maaf yang template ini tidak disertakan skrinsyut soalnya aku udah lupa nama template-nya apa. Hehe ::41::)

Hingga akhir Oktober kemarin, aku resmi menghilangkan embel-embel free template dan bener-bener pindah ke "Template Designer" lagi, sehingga jadilah blog-ku seperti sekarang ini.

Simple? Emang XD

3. PROFILE PICTURE

Seumu-umur blog ini tercipta, aku baru udah ganti profil picture sampai 4 kali. Pertama dulu aku pake gambar buah kiwi asli, biar unsur kiwi-nya di blog ini semakin kentara. Tapi setelah mikir-mikir karena itu ID-ku lebih sering dikira unknown gender *ngenes*, akhirnya aku pake foto asliku yang paling kyut.



4. HEADER

Sekedar tau aja, semua header yang aku pasang di blog ini memakai program XHeader. Kalau ada yang tau program lainnya, tolong comment di bawah ya, abisnya XHeader agak monoton. Thanks all.


Ini header pertamaku dari Juni 2010 lalu waktu template dedaunan.

Header keduaku Agustus 2011 lalu.

Header ketigaku sepanjang September 2011.

Header yang keempat yang cuma kugunakan selama September 2011 sampai November 2011 awal.

Header kelima yang kugunakan sampai sekarang.

5. BANNER

Banner juga sempat ganti tiga kali sampe jadi yang sekarang ini. Dan semuanya berbekal Photoshop dan Photoscape. Jadilah banner seadanya kayak gini yang menurutku masih super duper simple.
logoku
Ini yang pertama :D
Photobucket
Ini yang kedua :)
Photobucket
Ini yang ketiga :D

6. LAYOUT

Setelah memakai template designer dari blogger, jadi bebas ngutak-ngutik layoutnya dengan berbagai macam widget yang nggak bisa dimanfaatkan ketika masih memakai free templates. *gaya iklan tje fuk*

Ada beberapa juga yang berubah dari widget-ku kemarin malem. Yang pertama adalah fasilitas whos.amung.us yang aku ganti dengan radarurl.

A: Kenapa diganti, May? ::95::
M: Biar lebih matching sama kesan ijo-ijonya gitu maksudku.

Oiya, yang mau ganti ke radarurl caranya langsung masuk aja ke website-nya http://radarurl.com/
Trus pilih posisi widget dan copas kodenya ke javascript.


Kemaren aku juga masang widget "follow me on twitter" yang warnanya ijo. Trus pengaturan body layout juga aku ganti dari tiga menjadi dua. Header sudah diperkecil. Trus label posting ada di bawah biar lebih luas tempatnya. Ada lagi, signature-nya juga jadi animasi seperti yang ada di footer. Anyway, kursor juga ganti jadi kiwi-heart dan aku pasang widget baru yaitu polling di kanan bawah.

Sedangkan widget yang aku hapus kemaren ada empat. Kiwidjit, sama tiga badge blogger. Biar blog-ku lebih enteng dan mudah diakses, makanya aku reduksi widgetnya.

Heuuu ::145::

Berikut itu tadi serba-serbi kiwibitu tentang flashback selama satu setengah taunnya. Meskipun gitu, banyak banget suka-duka selama jadi blogger. Masih betah baca? Abis ini aku sebutin juga.

Wkakakakk *ngakak menyeringai* ::106::


MASALAH BLOG-KU
YANG BELUM TERPECAHKAN SAMPAI SAAT INI

Yang udah pernah baca postingku terdahulu yaitu Go-Blogging dan http://kiwibiru.blogspot.com/2011/10/mammamia-triple-kampretoz.html. Ada beberapa masalah yang terpapar disana. Ada satu masalah yang sampai sekarang belum teratasi, yaitu "kotak komentar di statis page yang tetep nggak mau muncuuuuuuul!!!"

(Apa maksudnyaaaa itu? Apaaaaa???) ::2::

Aku udah cari-cari literatur tentang ini tapi nihil aja hasilnya. HTML udah aku ublek-ublek tapi tetep nggak bisa. Hmmm... Ada yang bisa bantu?

Terus, aku pengennya juga Twitter Button ku nge-share-nya bisa "via @mamay_chan". Tapi nggak tau caranya. Udah googling juga, tapi nggak ketemu.

PAHIT MANIS BLOGGING
YANG MENGIRINGI SATU SETENGAH TAHUN INI

Apa aja yaaa? Banyak deh pokoknya. Ada salah satu blogger yang sampai bikin aku nangis bombay di depan PC. Baru kenal sih, tapi lagaknya songong banget dan seakan blog-ku tuh dianggap sampah. Nggak pernah dianggep di chatbox-nya waktu aku nyapa, nggak pernah blogwalking di aku lagi setelah itu dan...

Yah, wassalam deh pokoknya. Padahal aku nggak ngerasa ada salah ke dia.

*orang baru kenal juga* ::144::

Trus, masalah internal. Suka frustasi kalau nggak bisa revisi atau modifikasi blog. Misalnya ada pesan error xml, can not parse, de-es-be. Makanya tekadku bulat masuk IT murni buat belajar bahasa pemrograman lebih dalem lagi dan lagi.
*niat menggebu-gebu sampe mimisan kemana-mana* ::4::


Ada lagi tuh waktu pertama banget ngeblog, selama setengah taun dari Juni 2010-Desember 2010. Setengah taun ngeblog tuh, aku belom punya followers. Buta masalah blogwalking, punya shoutbox tapi nggak ada yang ngisi, nggak ada yang pernah comment postinganku dan blog-ku makin lama seperti kuburan yang nggak pernah di-ziarah-i.

Itu juga dikarenakan aku masih ngenet di luar, belom punya modem kayak sekarang.

Beda banget deh sama blogger muda sekarang. banyak yang SMP udah pinter ngeblog. Ngerti banner, ngerti exchange link, ngerti blogwalking. Padahal taun lalu aku uda kelas 2 SMA.

Ini sebenernya aku yang gaptek apa teknologinya yang makin maju pesat ya?

*gakhabispikir* ::134::

Aku juga pernah vacuum blog selama hampir delapan bulan. Jadi ngeblog murniku itu cuma terhitung satu tahunan sebenernya. Aku vakum soalnya udah frustasi banget ngurusin blog ini, hampir-hampir mau aku hapus waktu itu. Tapi nggak tau kenapa, waktu Agustus kemaren buka blog, tiba-tiba muncul rasa kangen.

Akhirnya ya gini, jadi posting rutin lagi. Udah melek blogwalking dan segala tetek bengek blog yang lain. Meskipun toh blog ini masih belum bisa dibilang bagus, aku udah bersyukur banget bisa dia. Media online yang bisa meng-cover semua hal tentangku.

Apalagi aku punya banyak temen blogger lain yang kece-kece, baik, suka menabung, hobi ngupil dan jongkok, dan semuanya deh ::25::


.:I LOVE YOU, MY BLOG:.

.:I LOVE YOU, MY BLOGGER FRIENDS:.


n.p (nambah posting dikiiiiiit aja)

Makasih buat Mas Ali yang udah jadi FIRST FOLLOWER blog ini.
Makasih buat Driepuza yang udah jadi FIRST VISITOR blog ini.
Makasih buat Tiko udah jadi FIRST COMMENTATOR blog ini.
Makasih buat Abdian udah jadi MOST LOYAL VISITOR blog ini.
Makasih buat Mbak Lia yang udah jadi TOP COMMENTATOR blog ini.

Makasih makasih makasih banget banget banget...
Secepetnya akan aku bikinin giveaway...
Buat semua temen blogger, followers, yang udah tukeran banner/link sama aku, juga yang udah mau mampir/kesasar di blog ini, ataupun yang sekarang lagi baca tulisan ini...
Makasih sebanyak-banyaknya...

You are my everything
*gaya Bebestar*

::126::

18 Comments

  1. weeehhh mau maunya aku baca postingan ini dari ujung sampe ujung! bener2 diuya-kuyain nihh kayaknya! ahaha
    keep writing mamayy!! :D

    ReplyDelete
  2. Ahahahaha kocak banget sih adek ni :3

    ReplyDelete
  3. weh, ini keren banget bisa dapetin screenshot yang jaman dulu :o

    tadinya saya juga pake free tempelate, tapi kok.. aneh ya :/ #jangancurhat

    ReplyDelete
  4. widih.. nggak kerasa yah blognya udah satu tahun..

    dan gue tuh salut ama perkembangan kamu dek di dunia blog,
    segala html kamu libas skrg, dan emang jago bener dah.

    blog yang satu tahun ini,
    semua bisa meneruskan umurnya hingga bertahun" kemudian yah..
    :)

    ReplyDelete
  5. haha emang banyak sukadukanya..
    btw profpic yg ketiga bagus tuh, galau2 gitu wkwk

    ReplyDelete
  6. @all: makasih ya udah respons. maaf baru aja buka blog ini :D

    @nizwa:
    hehe. sampe puyeng nggak bacanya? :D

    @kak arip:
    ah jadi maluuu :3

    @meutia:
    nyari lagi tuh skrinsyut-nya mee. emang enteng pake gituan, tapi nggak dinamis :o

    @bang pingit:
    makasih abaaang :* kangen deh :3 kok jarang nongol?

    @m. nanda:
    belum se-pengalaman kamu kok :D

    @izzbasic:
    pake standard template aja kak :)
    lebih gampang

    @azrina:
    semua bilang begitu -__-"

    ReplyDelete
  7. Salamkenal :)

    suka laruku juga ya?
    ntar februari 2012 launching album baru loh laruku :)

    ReplyDelete
  8. @asep:
    salam kenal juga :)
    iya, katanya juga gitu.
    nunggu februari nih :D

    ReplyDelete
  9. mmm.. komplex baca ceritanya.. :)
    memang banyak kisah suka-duka pas jadi blogger.. tapi tu semua tantangan tersendiri yang semakin membuat kita semangat.. :D

    salam ceria sahabatQ.. :D

    ReplyDelete
  10. @fajar:
    iya :D doakan moga betah nge blog :D

    ReplyDelete
  11. iyyaa kenyang ama kiwi..
    wkwkwkwk
    but I like ur post!! keren2!!
    oyya met taun baru yaa mamay..
    aku pinjem zac efronnya jadi bintang tamu buat acara ntar malem :D
    hahaha

    ReplyDelete
  12. @nizwa:
    hey hey hey -___-
    abang zac efron itu nanti malem ada janji hanimun sama akika :3

    ReplyDelete
  13. @abhi:
    giveaway nya nunggu dulu ya dek :D

    ReplyDelete
  14. konten-kontennya selalu menarik untuk di baca.

    jadi ketagihan deh bacanya

    hhe

    ReplyDelete
  15. Jadi ketauan kan muka nte.. Salah sendiri ngenalin ane ke blog.. Pfftt..

    ReplyDelete

Komentar diperbolehkan selama tidak menyinggung dan menyentil SARA, karena SARA sedang PMS.